Tips Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini agar Mendukung Tumbuh Kembangnya

Perkembangan zaman yang begitu cepat membuat banyak orang tua harus mengajarkan penggunaan gadget pada anak usia dini. Orang tua mulai mengenalkan anak dengan berbagai macam gadget masa kini seperti laptop, komputer, tablet dan smartphone. Namun, pengenalan teknologi kepada anak harus dilakukan dengan baik dan tepat. Jangan sampai gadget menjadi pengganggu tumbuh kembang anak.

Pengenalan dan penggunaan gadget pada anak usia dini memang menjadi kontroversi. Beberapa ahli menyatakan jika penggunaan gadget akan menghambat perkembangan anak. Sementara beberapa ahli lainnya mengatakan, teknologi akan membuat anak menjadi lebih siap mempelajari sesuatu. Simak beberapa tips penggunaan gadget pada anak berikut ini.

Tips Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini

Orang tua yang sibuk dengan pekerjaan akan cenderung mengalihkan perhatian anaknya dengan gadget. Jika Anda adalah orang tua yang sedang mengenalkan gadget pada anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai keberadaan gadget menjadi penghambat daya kembang anak. Ketahui 5 tips pengenalan gadget pada anak di bawah ini.

1. Perhatikan Batasan Waktu

Batasan waktu dalam penggunaan gadget perlu dilakukan untuk menghindari kecanduan penggunaan gadget pada usia dini. Umumnya, anak kecil dianjurkan menggunakan gadget dengan batasan 15 sampai dengan 30 menit saja setiap harinya.

Jika lebih, kemampuan konsentrasi anak akan turun dan mudah terganggu. Selain itu, penggunaan gadget yang terlalu lama juga akan berdampak negatif bagi kesehatan.

2. Jauhkan Gadget dari Kamar Tidur

Lebih baik jauhkan gadget dari kamar tidur. Hindari meletakkan gadget di dalam kamar anak. Hal ini dilakukan agar pengawasan terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini menjadi lebih mudah.

Orang tua dapat mengawasi permainan apa yang dimainkan. Penggunaan gadget dengan posisi tiduran atau tengkurap di kasur juga tidak disarankan. Kebiasaan tersebut dapat mengganggu kesehatan mata anak.

3. Selalu Dampingi Anak

Wajib hukumnya mendampingi anak saat menggunakan gadget. Pendampingan dilakukan agar anak dalam pengawaan saat bermain gadget. Terkadang anak perlu dijelaskan mengenai konten mana yang baik dan tidak baik untuk dilihat.

Selain itu, mendampingi anak bermain gadget juga akan menambah kedekatan orang tua dan anak secara emosional. Jadi, jangan pernah ragu untuk menemani anak saat bermain.

4. Pahami Akses Permainan

Banyak permainan yang dapat diakses dari gadget masa kini. Namun, yang perlu diingat adalah tidak semua permainan dapat dimainkan oleh anak-anak. Ada beberapa permainan yang mengandung kekerasan atau kata-kata kasar.

Pahami jenis dan akses permainan sebelum mengizinkan anak untuk bermain. Jangan sampai gadget membuat anak memiliki perilaku dan kepribadian yang kurang baik.

5. Menjadi Teladan

Hal paling penting selanjutnya adalah dengan menjadi teladan bagi anak. Jika anak dilarang menggunakan gadget terlalu lama, orang tua juga harus melakukannya.

Saat berkumpul bersama, matikan seluruh gadget dan ajaklah anak untuk bermain bersama. Permainan fisik akan lebih mengasah motorik anak. Orang tua dapat mengajak anak untuk menari, melukis, atau bermain bola di halaman rumah.

Mengenalkan gadget pada anak perlu dilakukan agar terhindar dari gagap teknologi. Namun, orang tua harus tetap waspada dan selalu mengawasi penggunaan gadget pada anak.

Hindari penggunaan gadget terlalu lama agar anak tidak kecanduan dan malas beraktivitas. Manfaatkan penggunaan gadget pada anak usia dini sebagai media untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Penulis, Fajrin

Pendiri AnakDagang.com

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.