Tips Menabung untuk Fresh Graduate dengan Gaji Pertama

Tips Menabung – Baru lulus dan mendapat pekerjaan baru merupakan tantangan bagi fresh graduate. Bagaimana tidak, anda baru saja menikmati gaji pertama namun dituntut untuk mengelola keuangan dengan baik. Supaya gaji anda sebagai fresh graduate tidak dihambur-hamburkan untuk keperluan yang tidak penting, lebih baik ditabung dari sekarang. Bagi anda yang masih kesulitan untuk menabung, tenang saja karena hari ini saya akan memberikan Tips Menabung untuk kalian para fresh graduate agar uang anda tidak menguap begitu saja.

Cara Menabung untuk Fresh Graduate

Kurangi Jajan

Jajan yang dimaksud yaitu dalam bentuk makan siang di kedai mahal bersama rekan kerja. Umumnya, pegawai baru sulit untuk menolak ajakan makan siang mewah dengan senior di kantor. Bentuk jajan lainnya yaitu kebiasaan nongkrong semasa kuliah yang masih terbawa hingga saat ini. Mulailah untuk mengurangi jajan di luar dan memilih untuk hidup lebih hemat.

Catatlah Pengeluaran Anda

Pengeluaran fresh graduate tentu lebih banyak dibandingkan mahasiswa. Ada baiknya anda mencatat pengeluaran anda, banyak sekali alat untuk menunjang seperti HP, aplikasi mencatat keuangan atau catat dibuku. Dengan mencatat, anda akan tahu pendapatan anda dihabiskan untuk apa saja. Selain itu, mencatat juga bisa dijadikan evaluasi untuk lebih baik ke depannya.

Sisihkan untuk Investasi

Selain ditabung, anda juga bisa menyisihkan sebagian uang anda untuk investasi. Jenis investasi saat ini sudah banyak dan anti ribet karena bisa dilakukan via online. Selain untuk memperkaya diri sendiri, anda juga turut menciptakan kesejahteraan untuk UMKM di luar sana.

Baca Juga: Bisnis untuk Mahasiswa dengan Bayaran Mahal

Upayakan Jangan Mencicil Barang

Usahakan untuk tidak mencicil barang, mengapa? Karena adanya beban bunga yang akan masuk ke dalam tagihan. Jangan mudah tergoda dengan promo ataupun diskon saat kartu kredit sudah ada di tangan anda. Mencicil barang sama halnya dengan berutang. Sementara upaya mencapai financial freedom yaitu terbebas dari utang.

Perbanyaklah Belajar

Gambar terkait

Apapun profesi anda, tetap dituntut untuk terus belajar lebih baik lagi termasuk untuk meningkatkan kemampuan pekerjaan. Tidak menutup kemungkinan, anda akan mendapat honor 2 kali lipat jika pekerjaan anda hasilnya memuaskan. Jika anda sudah berhasil menyenangkan atasan dengan hasil kerja, maka bisa saja promosi jabatan akan anda peroleh.

Itulah beberapa cara yang mudah untuk anda praktikkan. Semoga dengan cara di atas, anda bisa mencapai kebebasan financial di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.