strategi membuat konten video

Strategi Membuat Konten Video Untuk Menghasilkan Uang

Strategi membuat konten video untuk menghasilkan uang, judul yang mantap. Dalam kondisi sekarang ini, yang dimana banyak youtuber pemula digantung status monetisasinya. Saya akan mencoba memberikan informasi menarik mengenai pembuatan video.

Khususnya strategi pembuatan video yang memang dikhususkan untuk dimonetisasi atau menghasilkan uang. Awalnya saya ragu untuk menulis ini, tapi karena ada banyaknya masalah yang dihadapi member grup youtuber Indonesia. Dimana salah satu adminnya adalah saya sendiri, memotivasi saya untuk membuat artikel ini.

Dan akhirnya muncullah artikel ini, dengan harapan mampu memberikan gambaran umum mengenai pembuatan video. Bagi yang sudah penasaran bisa simak video dibawah ini :

strategi membuat konten video untuk menghasilkan uang

Baca juga : Kimi Hime Click Bait, Apa Akibatnya?

4 Strategi Membuat Konten Video

Baiklah, mari kita langsung menuju ke pokok materi artikel ini. Ada 4 strategi yang akan saya jabarkan pada artikel ini, yaitu :

Pertama, riset konten. Sebelum temen temen membuat konten video, alangkah baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Dalam artian begini : kita membuat konten tentu saja ingin mendapatkan penonton. Mustahil sekali jika kita membuat konten di yt tidak berharap mendapatkan penonton.

Jadi saran saya ke temen temen, silakan lakukan riset. Riset konten bisa menggunakan tool atau langsung memperkirakan hal apa saja yang sedang ramai dibicarakan. Atau kata anak jaman sekarang, kira kira yang lagi viral dan trending konten apa.

Riset tool gratis yang direkomendasikan :

  1. keyword planner google
  2. google trend
  3. trending youtube
  4. trending twitter
  5. trending instagram
  6. tubebuddy
  7. vidiq

Pokoknya kita mencari konten yang lagi trending (kata kuncinya apa). Kemudian langkah selanjutnya : membuat videonya dalam versi kita sendiri.

Kedua, membuat konten video. Setelah menemukan konten yang viral atau trending atau sedang banyak dibicarakan / banyak dicari. Langkah kita selanjutnya membuat konten sesuai target kita. Misal target kita yang kita inginkan adalah kucing lucu.

Maka dalam video tersebut harus ada kucing lucu dan kalau bisa, kata kucing lucu juga diucapkan.

Ketiga, editing. Dalam proses editing sangat penting gaes, karena biasanya akan ada proses pemotongan dan penambahan konten. Kesalahan yang sering dilakukan oleh youtuber pemula adalah terlalu banyak elemen ga penting dimasukkan ke video.

Padahal sebenarnya konten utamanya lah yang seharusnya menjadi nilai jual konten yang sudah kita buat. Elemen video yang diperoleh dari sumber lain bisa mempengaruhi kualitas original video. Misal, kita menggunakan backsound yang ada hak ciptanya.

Padahal kita tidak memiliki izin untuk menyebarluaskan atau menggunakan tanpa seizin pemiliknya. Hal ini juga berpengaruh pada kebijakan monetisasi, yang dimana bisa mempersulit saat akan diajukan menjadi program partner youtube.

Jika temen temen memang membutuhkan backsound, sebaiknya menggunakan koleksi audio. Yang sudah disediakan oleh pihak youtube, karena sudah terjamin bebas hak cipta.

Keempat, upload. Pada tahap akhir ini juga penting. Karena kita memerlukan metadata yang cukup agar video kita mudah ditemukan di youtube. Terutama pada target penonton : keyword yang sudah kita targetkan. Kita letakkan pada judul, thumbnail, deskripsi dan tag.

Pada bagian judul dan thumbnail menjadi sangat penting karena bisa mempengaruhi penonton. Dengan judul dan thumbnail yang baik, bisa mengundang calon penonton untuk klik play.

Untuk lebih detailnya, nanti kita siapkan artikel untuk setiap strategi khusus satu post sendiri.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.