kuliah jurusan teknik informatika

Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Bingung Kerja Apa?

Pekerjaan lulusan jurusan Teknik Informatika – Bagi kalian yang sudah diterima di PTN pilihan, selamat yaa. Bagi kalian yang belum diterima di universitas yang kalian inginkan jangan berkecil hati yaa. Sudah terima aja universitas yang mau terima kamu :D. Teman-teman masuk di jurusan apa aja nih? Nah, buat kamu yang ingin atau sudah masuk ke jurusan Teknik Informatika, berikut ada informasi menarik nih tentang pekerjaan apa aja sih yang dibutuhkan di dunia kerja.

Kuliah Jurusan Teknik Informatika?

1. Kebutuhan industri terus meningkat

Hampir semua industri membutuhkan lulusan IT, mulai dari industri kesehatan, industri kuliner, industri manufaktur, dan bisnis-bisnis hingga marketplaces pasti membutuhkan lulusan IT. Karena di era teknologi sekarang yang sudah sangat maju dan terus berkembang dan dibantu dengan tenaga IT yang profesional akan membantu industri-industri ini.

Belum lagi di sektor marketplaces sangat membutuhkan IT. Karena dengan kemajuan teknologi saat ini, orang-orang dengan mudahnya berbelanja dan mendapatkan apa yang mereka inginkan hanya dari smartphone mereka saja.

2. Terbiasa dengan gadget

Buat kalian yang dari kecilnya sudah akrab dengan gadget ada kemungkinan kalian juga akan tertarik dengan dunia komputer yang lebih luas. Akan lebih terasa mudah menjalani kuliah di Teknik Informatika jika kalian sudah terbiasa menggunakan gadget.

3. Berpikir secara sistematis dan terstruktur

Salah satu kemampuan yang dapat kamu asah jika kamu kuliah di jurusan ini yaitu kamu dapat berpikir secara rapih, sistematis, dan terstruktur. Beberapa mata kuliah di jurusan ini kebanyakan mempelajari pemrograman mulai dari C++, C#, Phyton, Java, dan bahasa pemrograman lainnya. Kalau kamu bisa menikmati mempelajari ini, kamu bisa mempunyai pola pemikiran dan cara penyelesaian masalah yang baru.

Baca juga : 6 Alasan yang Menjadikan Negara Kanada sebagai Destinasi Kuliah Terbaik

Pekerjaan

Banyak mata kuliah dan pelajaran yang bisa kamu dapatkan seperti belajar membuat website, belajar jaringan komputer, jaringan internet, mempelajari hardware, mempelajari bahasa pemrograman, hingga keamanan jaringan komputer. Ruang lingkup pekerjaan di dunia IT sangat luas yaa. Pada dasarnya, semua perusahaan yang berbasis internet dan teknologi akan selalu membutuhkan. Berikut diantaranya.

1. UI/UX designer

Profesi User Interface / User Experience designer bisa dibilang menjadi profesi yang dibutuhkan banyak perusahaan. Semua perusahaan yang memasarkan jasa atau produknya menggunakan internet, pasti membutuhkan website. Peran UI/UX designer di sini sangat penting, karena profesi inilah yang memastikan user atau konsumen mendapatkan pengalaman yang bagus ketika mengakses website. Pengalaman yang bagus berarti user dapat mudah mengakses informasi dan mendapatkan apa yang dia inginkan lewat website tersebut.

2. Programmer

Kalau kamu ingin menjadi seorang programmer, kamu harus siap menjadi inti dan tulang punggung dalam software development. Programmer mempunyai cakupan bidang yang luas. Kamu bisa bekerja sebagai programmer di dunia industri, pertelevisian, media perbankan, instansi pemerintah, bisnis, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi seorang programmer kamu perlu mengetahui dan memahami kode etik pemrograman komputer. Biasanya, kebanyakan kode-kode etik ini disadur berdasarkan kode etik yang kini digunakan oleh himpunan programmer Internasional.

3. Web developer

Singkatnya seperti ini yaa, jadi Web Developer adalah orang yang pekerjaannya menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, PHP, .NET, atau Python.

Ada banyak yang dikerjakan seorang Web Developer. Dia bertanggung jawab membuat dan mengelola website dari nol. Bertugas untuk mengatur dan mengolah sumber daya yang ada yang nantinya digunakan di website. Selain itu, tugas lainnya adalah mengatur database, membuat halaman website yang dinamis dan menarik, dan juga mengatur agar pengunjung dapat dengan mudah berinteraksi dengan elemen yang ada di website.

4. IT consultant

Tidak hanya di bidang Financial saja yang memerlukan consultant, di dunia IT pun membutuhkan consultant. Tugas utama IT consultant ini mulai dari merencanakan hingga evaluasi penerapan teknologi. Memberikan ide untuk perusahaan atau klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar bisa memenuhi target bisnis mereka.

5. Software engineer

Seorang Software Engineer melakukan pengembangan dan pembangunan software sistem komputer dan software aplikasi. Beberapa aplikasi software yang termasuk user-focused program, diantaranya seperti program database, web browser, dan lainnya. Ada empat pembagian pekerjaan dalam Software Engineer yaitu, Application development, System development, Web development, dan Embedded system development.

Jadi, sudah kebayang yaa temen-temen bakal mau ambil peminatan apa di kuliah nanti? Dan kira-kira sudah tau juga yaa, pekerjaan apa yang cocok dengan kamu? Dapatkan informasi lainnya tentang Pekerjaan lulusan jurusan Teknik Informatika hanya di CekAja.com yaa. Kamu dapat mengunjungi laman https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.