cara streaming game facebook

Cara Streaming Game Facebook Dengan OBS

Cara streaming game facebook dengan OBS sangatlah mudah gaes. Adakah yang sedang mencari artikel ini menggunakan google? Beruntung sekali bagi temen temen yang bisa menemukan artikel ini melalui google.

Buat yang udah ga sabar pengen melihat tutorial singkatnya, silakan simak video berikut ini :

Yang masih bertahan pengen melihat tutorialnya secara lengkap, silakan simak artikel ini sampai selesai. Ada beberapa perangkat yang temen temen wajib miliki sebelum melakukan live streaming di facebook. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Akun facebook + halaman facebook gaming, bagi yang belum memiliki halaman facebook dengan kategori kreator video game. Temen temen bisa membuat fanspage nya terlebih dahulu. Jika sudah memiliki halaman facebook sebelumnya, bisa ubah kategorinya jadi halaman kreator video game (pembuat video game).
  2. Download software OBS
  3. Memiliki pc untuk dijadikan perangkat untuk menjalankan OBS, membuka facebook dan game serta lakukan siaran langsung.
  4. Koneksi internet, minimal memiliki kecepatan upload minimal 4 Mbps.
  5. Microphone untuk hasilkan audio suara kita. Bisa pakai mic yang terpisah dari headphone atau juga bawaan dari headphone.
  6. Headphone, untuk mendengarkan suara game atau percakapan teman saat main bareng.
  7. Webcam, untuk merekam muka kita, jika belum punya tidak masalah.

Nah, ketujuh item tersebut bisa temen temen persiapkan terlebih dahulu. Jika ada yang belum punya bisa ditambahkan belakangan, yang penting bagian wajibnya terpenuhi. Seperti : akun acebook, OBS, pc, internet dan headphone.

Baca juga : Gaji Streamer Facebook Gaming Indonesia

Cara Streaming Game Facebook

Pertama, persiapan untuk halaman facebook gaming. Silakan temen temen buat dulu halaman facebook gaming, jika sudah silakan masuk ke halaman tersebut. Pilih menu Live, seperti gambar dibawah ini :

pilih menu live

Next proses, pilih : Hubungkan…

silakan pilih hubungkan

Pada bagian stream key, silakan salin / copy kodenya, seperti gambar dibawah ini.

hati hati, jangan sampai orang lain tahu stream key tersebut

Kedua, persiapan untuk OBS, bagi yang belum download. Silakan download dan sekalian install ya. Jika sudah, silakan bukan dan masuk ke bagian setting, seperti digambar dibawah ini (lokasi : pojok kanan bawah) :

setting

Pada setting pertama, pilih menu stream : service > facebook live, server > default, stream key > silakan paste stream key halaman facebook temen temen, jika sudah klik apply.

Bagian output, silakan setting seperti gambar dibawah ini : (encoder > pilih grafik yang digunakan, rate control > CBR, bitrate 4000 Kbps, keyframe interval > 2. Jika sudah klik apply.)

pada bagian audio set default

Video, setting seperti gambar dibawah ini :

Base > 1920 x 1080 (sesuaikan resolusi temen temen), output > 1280×720, downscale > bicubic, fps > 30. Jika sudah klik apply.

Ketiga, pada bagian source silakan tambahkan webcam jika ada dan tambahkan game yang akan dimainkan. Untuk menambahkan silakan pilih tanda + (plus).

Untuk menambahkan webcam > video capture device > create new > ok > device > pilih kamera yang dipakai > ok.

tambah webcam

Untuk menambahkan game yang dimainkan > window capture > create new > ok > window > pilih game yang dimainkan > ok > setting layar sesuai kebutuhan. (contoh : lihat video diatas).

Posisi kamera agar berada diatas game, silakan sett seperti gambar dibawah ini. Letakkan video capture device paling atas.

Jika setting obs sudah selesai, silakan klik start streaming pada menu control.

untuk memulai live > klik start streaming

Keempat, setting live facebook, kembali ke halaman facebook. Bila sudah klik start streaming silakan lengkapi deskripsi, pilih game game yang dimainkan dan berikan judul streaming. seperti gambar dibawah ini :

set

Bila informasi diatas sudah dilengkapi, temen temen bisa langsung klik > siarkan langsung.

Untuk mengakhiri siaran langsung, pilihannya ada dua. Pertama, bisa via OBS seperti gambar dibawah :

stop streaming via obs

Atau langsung akhiri siaran langsung dari halaman live temen temen, seperti pada gambar dibawah ini. Silakan klik akhiri video siaran langsung pada pojok kanan bawah.

Sampai disini, berarti temen temen sudah bisa lakukan siaran langsung di facebook. Selamat mencoba, semoga sukses.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

One thought on “Cara Streaming Game Facebook Dengan OBS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.