Cara Mendapat Modal Usaha untuk Bisnis Sampingan

Cara Mendapat Modal Usaha – Disaat gaji bulanan anda terasa masih kurang, melakukan bisnis sampingan menjadi salah satu solusi yang bisa anda pilih. Pilihan jenis bisnisnya pun beragam. Ada banyak bisnis sampingan yang bisa mendatangkan uang. Namun sayangnya, banyak karyawan yang enggan untuk memulai bisnis sampingan tersebut karena kendala modal. Tapi tenang saja, jika anda bisa berpikir jernih, sebenanrnya ada banyak Cara Mendapat Modal Usaha yang bisa anda lakukan. Seperti apakah cara-caranya? Berikut penjelasan lengkapnya!

Langkah Mudah untuk Mendapatkan Modal Usaha

Menjual atau Menggadaikan Harta Pribadi

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu menjual barang yang anda miliki. Jika belum rela, anda bisa menggadaikannya terlebih dahulu untuk mendapatkan modal awal. Titipkan sementara barang-barang berharga anda tersebut dan tebus setelah pinjaman dilunasi. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis sampingan anda.

Baca Juga: Tips Menabung untuk Fresh Graduate dengan Gaji Pertama

Mencari Rekan Bisnis

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu mencari rekan kerja yang memiliki selera sama dengan anda. Mengapa demikian? supaya bisnis sampingan yang dijalani dapat berjalan lancar dan selaras. Pikirkan baik-baik prospek bisnis sampingan apa yang akan dijalani agar teman anda yakin menjalankan bisnis tersebut. Jika tertarik, mereka bisa menjadi investor yang mengambil keuntungan sekian persen atau anda juga bisa menjalani bisnis dengan sistem bagi hasil.

Mengajukan KTA ke Bank

Cara ini banyak dipilih oleh pebisnis untuk mendapatkan modal usaha. Mengapa? karena cara ini tidak mensyaratkan barang untuk diagunkan sebagai pinjaman. Limit pinjamannya pun bervariatif dan cukup besar. Namun biasanya, ada beberapa persyaratan seperti memberikan salinan slip gaji dan kepemilikan kartu kredit minimal 1 tahun.

Mengajukan Pinjaman Online

Belakangan ini pinjaman online sedang menjamur di Indonesia. Beda dengan bank, proses pengajuan pinjaman online lebih cepat dan langkah-langkahnya pun lebih mudah. Sayangnya, limit yang diberikan tidak terlalu besar dan bunga yang dikenakan oleh lembaga kredit online juga lebih besar diabandingkan dengann bank konvensional. Untuk itu, jika anda memilih cara ini, pastikan kredit online yang anda pilih tersebut dapat dipercaya dan terjamin di otoritas jasa keuangan. Karena saat ini banyak kredit online abal-abal, jangan sampai anda menjadi korbannya.

Itulah cara untuk mendapatkan modal usaha yang bisa anda lakukan untuk membantu menjalani bisnis sampingan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda mencarikan solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.