cara membuat bpjs bayi baru lahir

Cara Membuat BPJS Bayi Baru Lahir

Cara membuat BPJS bayi baru lahir kini lebih mudah dan lebih cepat. Saya akan bercerita berdasarkan pengalaman pribadi pada saat lahirnya anak pertama saya. Penuh rasa syukur dan senang rasanya, bayinya sehat prosesnya lancar.

Untuk informasi visual, bisa simak video berikut ini :

Cerita proses persalinan anak pertama

Awal mula kisah persalinan anak pertama, bermula dari proses periksa kehamilan. Tepat pada usia kandungan 8 bulan, istri saya dirujuk ke RS An-Nisa Tangerang. Pada saat pertama kali periksa di RS, dijadwalkan pemeriksaan ke-2.

Kemudian lanjut proses pemeriksaan ketiga hingga pada saat itu divonis untuk cesar. Dijadwalkan pada tanggal 21 Agustus 2019, nah pada saat itu layanan untuk proses cesar menggunakan layanan bpjs kesehatan. Sedangkan pada saat bayi lahir, layanan bpjs untuk bayi belum tersedia.

Cara Membuat BPJS Bayi Baru Lahir

Sehingga pihak RS, menawarkan bantuan untuk proses pembuatan BPJS bayi baru lahir. Karena saya menggunakan BPJS mandiri, sehingga bisa dibantu proses pembuatannya. Nah syaratnya apa saja yang diperlukan untuk membuat bpjs bayi baru lahir, yaitu :

  1. Foto copy buku rekening
  2. Foto copy KTP kedua orang tua
  3. Foto copy BPJS kedua orang tua
  4. Foto copy kartu keluarga / surat nikah
  5. Foto copy keterangan lahir bayi

Baca juga : Foto KTP untuk Verifikasi Google Adsense

Lalu setelah berkas terkumpul, saya serahkan kepada bagian administrasi. Kalau tidak salah, saya menyerahkan berkas sekitar abis dzuhur. Dan jam 3 sore lebih, saya dipanggil ke bagian administrasi mendapat informasi virtual account bpjs bayi.

Setelah mendapatkan akun virtual, langkah selanjutnya diminta untuk membayar iuran bpjs. Agar akun BPJS bayi baru lahir aktif dan bisa langsung digunakan.

Terus, bagaimana jika bukan BPJS mandiri, akan tetapi menggunakan keikutsertaan BPJS ikut perusahaan?

jawaban :

Untuk syarat berkasnya sama, yang berbeda prosesnya. Yaitu : setelah memiliki berkas lengkap, temen temen bisa ajukan berkas ke kantor BPJS terdekat. Setelah mendapat virtual account, temen temen bisa bayar iuran dan kepesertaannya akan aktif pada saat itu juga.

Untuk nama di kartu akan tertulis nama : BAYI NYONYA ….

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.