Hobi Merawat Burung Pleci

Merawat burung merupakan suatu hobi yang katanya mahal karena kita harus menyediakan pakan setiap hari serta waktu yang luang untuk benar-benar merawat burung kesayangan. Meskipun begitu banyak kicau mania yang mengaku memelihara burung dapat mengurangi stress akibat tekanan pekerjaan dikantor karena dengan mendengarkan suara kicauan burung membuat hati menjadi tenang dan nyaman.

Memelihara burung tidak hanya memberi makan dan minum saja tetapi juga harus memikirkan kebersihan kandang serta kesehatan burung itu sendiri yang biasa disebut “setingan burung”. Kenapa perlu setingan burung? Jawabannya agar burung rajin berkicau dirumah ataupun pada arena lomba.

Mencari setingan burung merupakan hal yang sangat rumit untuk dilakukan tetapi inilah inti dari hobi merawat burung itu, karena dengan setingan yang pas akan menjadikan burung sehat dan rajin berkicau. Nah bagaimana cara kita dapat mengetahui cara perawatan burung dan mencari setingan yang pas? Jawabannya adalah dengan cara mengetahui dulu jenis burung yang sedang kita rawat selanjutnya kita coba browsing ke internet tentang bagaimana cara merawat burung tersebut agar lebih rajin berkicau. Untuk referensi silahkan buka website berikut yang membahas tentang cara merawat burung > Rawatan Burung Lomba.

Untuk burung yang sedang naik daun sekarang ini adalah Burung Pleci, kenapa demikian karena burung ini mempunyai harga terjangkau dan suara kicauannya yang sangat enak didengar. Selain karena harga yang cukup terjangkau burung kaca mata ini banyak digemari karena burung tersebut sudah  mulai banyak dilombakan. Untuk sebutan para penghobi burung pleci adalah Pleci Mania atau yang biasa disingkat Pleman, dan sekarang sudah ada komunitas yang mencakup seluruh daerah di Indonesia untuk menyatukan para pecinta burung pleci yaitu PCMI (Pleci Mania Indonesia).

Sedikit tentang cara perawatan burung pleci agar dapat berkicau secara ngalas ngerol (sebutan untuk suara kicauan burung pleci) yaitu sebagai berikut :

  1. Letakkan secara berkoloni / berjejer jika mempunyai lebih dari 1 pleci
  2. Keluarkan pakan pleci dan air minumnya
  3. Mandikan dengan cara disemprot halus sampai basah kuyup itu bertujuan untuk menjinakkan pleci dan membuat burung tidak mandi di cepuk tempat minumnya.
  4. Berikan Voor secukupnya dan buah pisang sebagai makanan utamanya
  5. Berikan EF (Exstra Fooding) berupa ulat hongkong untuk menghangatkan tubuhnya (jangan hanya membiasakan memberi Ulat hongkong yang putih saja, usahakan pleci juga doyan Ulat hongkong yang berwarna coklat juga)
  6. Jemur sampai jam 10 saja itu sudah cukup
  7. Gantang saling berjauhan untuk melatih burung berkicau lantang atau gantang saling berjejer untuk melatih burung berkicau dalam koloni.

Untuk referensi jenis burung pleci yang mudah dipelihara silahkan kunjungi artikel Jenis Pleci Yang Mudah Gacor.

Untuk referensi lain tentang cara perawatan burung kacamata silahkan kunjungi artikel kami lainnya yaitu Rawatan Pleci Cepat Lasrol Bukpar.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *