Cara Baru Jual Sesuatu di Group Facebook

jual fb
Jual Sesuatu

Facebook sudah menjadi aplikasi terpopuler no 2 di dunia setelah google.

Anda bisa mengajukan atau mengirimkan review produk anda untuk di review di Lukulo Media / rodinsaputra.com

Maka oleh karena itu tidak asing lagi bagi orang awam apa itu facebook dan bagaimana cara menggunakan facebook. Facebook tidak hanya sekedar menjadi media sosial untuk berinteraksi dengan yang lainnya di dunia maya. Akan tetapi facebook bisa dijadikan tempat paling populer untuk Jual Sesuatu. Bisa berpotensi menghasilkan uang dengan cara berjualan apa saja yang penting tidak melanggar hukum dan norma-norma agama.

Dengan seiringnya waktu, facebook memperbarui beranda grup tempat jual beli ataupun group yang ionfo dasarnya untuk berjualan. Dalam bahasa indonesia terdapat fitur baru yaitu Jual Sesuatu, penampakannya bisa lihat pada gambar diatas. Tapi bukan jual “sesuatu” tagline dari penyanyi solo Syajhrini ya. Jual sesuatu disini maksudnya barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan secara online di facebook.

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan fitur baru Jual Sesuatu :

  1. Masuk ke group facebook yang bisa Jual Sesuatu, biasanya group tersebut memang dibuat untuk tempat jual beli. Sebagai contoh anda bisa lihat di group Facebook Toko Bagus Kebumen ( Media Jual Beli Online Kebumen ). Akan tetapi tidak semua group jual beli memiliki fitur Jual Sesuatu. Hal itu tergantung dari pengaturan admin, biasanya facebook akan mengirimkan pemberitahuan kepada admin grup untuk menggunakan fitur baru Jual Sesuatu. Lalu klik fitur atau icon Jual Sesuatu maka anda akan diberikan form baru untuk Jual Sesuatu.
  2. Jika sudah tampil form Jual Sesuatu, maka langkah selanjutnya anda diminta memberikan keterangan Apa Yang Anda Jual. Silakan isikan nama barang atau nama jasa yang anda jual.
  3. Langkah selanjutnya anda diminta memberikan harag barang atau jasa yang anda tawarkan dalam bentuk mata uang rupiah.
  4. Berikan instruksi pengambilan atau pengiriman barang. Misalanya anda berada di luar kota dari grup tersebut. Sebagai contoh grup jual beli kebumen, kemudian anda Jual Sesuatu dar kota Jakarta maka sebaiknya berikan keterangan cara pengirimannya misalkan barang dikirim via jne atau tiki. Anda juga bisa memberikan keterangan COD dengan menyertakan keterangan tempat ketemuannya.
  5. Yang kelima anda bisa memberikan keterangan produk atau jasa yang anda tawarkan. Misalkan spesifikasi barang atau jasa yang anda tawarkan. Anda juga bisa menyertakan gambar-gambar yang mendukung produk anda. Setelah itu semua selesai dari nomor 1 – 5 maka anda klik kirim.

Penampilan gambar setelah berhasil mengirim Jual Sesuatu bisa dilihat pada gambar diatas. Lalu kenapa si harus menggunakan fitur Jual Sesuatu? karena fitur ini memiliki kelebihan diantaranya :

  1. Jual Sesuatu, memperbaiki cara jualan di grup jual beli. Terlihat lebih tersusun rapi daripada tidak menggunakan fitur tersebut.
  2. Saat anda masuk ke grup jual beli tersebut maka anda akan disuguhi tampilan kiriman penjualan anda tepat di bawah sematan/kiriman teratas dari admin.
  3. Anda bisa mengontrol dengan mudah mana barang yang sudah terjual atau belum. Jika sudah terjual anda bisa langsung menghapusnya.
  4. membantu admin grup untuk merapikan tampilan grup lebih baik.
  5. Anggota dengan mudah menemukan item untuk dijual, kiriman jual beli, menandai sudah terjual dan lain sebagainya.

Apabila admin bertanya bagaimana dan cara pengaturan fitur Jual Sesuatu, anda cukup masuk ke pengaturan Group yang anda miliki. Jika group anda disetting untuk jual beli disarankan untuk menambahkan fitur Jual Sesuatu. Akan tetapi jika bukan grup juala beli tidak disarankan untuk mengaturnya. Cara mengatur Fitur Jual Sesuatu :

  1. Masuk login ke Facebook
  2. Masuk grup facebook jual beli anda
  3. Sunting pengaturan group
  4. Aktifkan fitur Jual Beli dengan memberikan ceklist pada box yang disediakan disamping fitur Jual Beli
  5. Untuk mata uang bisa diatur sesuai dengan mata uang yang ingin anda gunakan untuk transaksi.

Berikut ini ada video contoh untuk menggunakan fitur Jual Sesuatu :


Apakah anda penasaran untuk mencobanya ? Silakan langsung saja menuju tempat grup jual beli favorit anda. Jika grup anda belum memiliki fitur Jual Sesuatu, sarankan ke admin utuk memberi fitur Jual Sesuatu. Selamat mencoba, semoga barang daganan anda lebih laris manis.

Anda bisa mengajukan atau mengirimkan review produk anda untuk di review di Lukulo Media / rodinsaputra.com

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

One thought on “Cara Baru Jual Sesuatu di Group Facebook”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *