Video Youtube di Cekal?

Video youtube di Cekal? Melanggar hak cipta termasuk dalam pelanggaran peraturan penggunaan youtube, dimana anda tidak diperbolehkan upload video ke youtube yang memiliki hak cipta. Seperti yang saya alami pagi ini, video hasil rekaman di acara tv liga champion 2015 antara pertandingan Real Madrid vs juventus. Awalnya saya kira peringatan dari youtube seperti biasanya yang dilakukan oleh youtube apabila didalam video kita memilki sabagian atau spenuhnya adalah konten pihak ketiga.

Dulu pengalaman saya waktu upload video acara tv cuma diperingatkan bahwa konten pihak ketiga yang lebih cocok dan berhenti sampai di situ saja. Dan saya menyetujui klaim yang dilakukan oleh pihak ketiga tersebut. Mungkin karena video saat itu hanya dicekal di Indonesia makannya hanya sekedar peringatan saja oleh pihak Youtube. tapi berbeda pada pagi hari ini, saya sudah menyetujui klaim yang dilakukan oleh pihak ketiga namun video hasil rekaman saya juga diblok.

Tidak bisa diputar kembali melalui perangkat apapun kecuali oleh saya sendiri, apabila ditonton oleh orang lain maka akan muncul peringatan “Video ini berisi konten dari UEFA yang telah mencekalnya berdasarkan hak cipta”. Saya tidak menyesal dengan kejadian ini tapi sayang dengan kuota yang telah dihabiskan untuk upload video tersebut. Ada satu hal yang bisa diambil pelajarannya dengan kejadian ini adalah belajar menghargai hak cipta.

Jangan melakukan plagiat kembali, ini memang kesalahan ringan tapi bisa berdampak buruk pada akun youtube saya. Jadi kesalahan ini bisa dijadikan untuk peringatan saya pribadi dan buat para pembaca pada umumnya yang ingin upload video sebaiknya jangan ada bagian ataupun sepenuhnya yang merupakan video memilki hak cipta. Dapat berpotensi pencekalan seperti yang saya alami dan hal itu merugikan diri kita sndiri, karena sayang dengan kuota yang sudah dihabiskan untuk upload.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *