Tutorial Mengisi SPT Tahunan

spt
sumber gambar : https://twitter.com/tenabangdua

Mengisi formulir SPT tahunan sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya bagi para wajib pajak yang mempunyai penghasilan. Dan tentunya sudah memiliki nomor pokok wajib pajak yang disingkat NPWP. Bagi yang belum memiliki NPWP bisa langsung registrasi ke KPP Pratama terdekat sesuai alamat yang tertera di KTP.

Jika anda bekerja di luar kota maka pihak perusahaan akan membantu pembuatan npwp secara kolektif. Syaratnya cukup mudah, hanya perlu bermodalkan KTP yang masih aktif atau berlaku. Dan bagi anda yang sudah memiliki npwp bisa membantu rekan anda untuk sharing mengenai NPWP dan SPT tahunan. SPT merupakan singkatan dari Surat Pemberitahuan Tahunan.

Jika kartu NPWP anda rusak, anda cukup datang ke KPP Pratama anda mendaftar dan cukup menyerahkan foto copy KTP. Maka 3 menit kemudian kartu NPWP anda sudah terganti dengan yang baru. Kembali ke petunjuk pengisian SPT tahunan, berikut ini petunjuknya :

  • Download 00_Petunjuk_Pengisian_SPT_1770 S_2010¬†petunjuk resmi dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pajak. Di petunjuk tersebut dijelaskan tiap kolom yang harus diisi serta penjelasn kode-kode yang tertera di SPT.
  • Siapkan lembar atau formulir bukti pemotongan pajak dari perusahaan tempat anda bekerja jika sudah disediakan. Jika belum tersedia bisa download di http://www.pajak.go.id/mts_download_tree/page/48
  • Jika ingin membuat formulir sendiri ada ketentuan-ketentuannya yang harus terpenuhi sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 (UU KUP). Menurut saya lebih baik mngambil sendiri ke KPP pratama terdekat atau mengunduh di situs resminya.

Secara garis besar yang harus anda laporkan adalah :

  1. Penghasilan Netto
  2. Penghasilan tidak kena pajak
  3. Penghasilan kena pajak
  4. PPh terhutang
  5. PPh yang harus dibayar
  6. Kekayaan yang diperoleh, misal tanah, rumah mobil dan lain lain

 

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *