Tips Mengatasi Keyboard Error

keyboard
sumber gambar : http://support.logitech.com

Keyboard menjadi salah satu bagian hardware terpenting dari penggunaan personal computer (pc). Saya pribadi pun sangat memerlukan sekali dengan alat ini, apalagi saat ini sedang belajar menulis. Akan tetapi bagaimana jika keyboard anda mengalami gangguan atau error. Misalnya salah satu huruf tidak muncul atau juga misalnya tombol Num Lock tidak aktif.

Tentu saja anda akan merasa kesal dan kecewa karena harus menekan berulang-ulang tombolnya agar muncul. Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut, kemudian memutuskan untuk membeli yang baru sebagai penggantinya. Alih-alih demi mendapatkan pengganti keyboard yang baru demi kelancaran kegiatan menulis. Saya datang ke toko terdekat, alhasil adanya keyboard dengan kabel PS/2.

Dicoba di komputer penjual tidak bisa berfungsi alesannya keyboard yang beliau gunakan menggunakan kabel USB. Pihak toko memberi garansi uang kembali jika nanti dipakai tidak berfungsi pada komputer saya. Dengan PD bungkus bawa pulang, harapannya bisa plug and play saat digunakan di rumah. Tetapi ternyata sesampainya dirumah pun tak bisa langsung plug and play.

Waduh mulai panik,,, dengan modal keyboard lama, saya googling mencari tahu installasi keyboard PS?2. Yang muncul malah hampir 99.99% isinya game PS2 dan emulatornya serta kawan-kawannya yang berkaitan. Mulai bingung dan cemas, dengan semangat saya googling kembali menggunakan kata kunci type dari merk keyboard. Muncullah support driver-nya, kemudian di download dan diinstall.

Setelah install selesai tidak bisa langsung digunakan, saya restart komputer. Tetep saja belum bisa digunakan. Terus bagaimana solusinya? berikut ini tips solusi untuk mengatasi keyboard yang error atau tidak berfungsi secara baik :

  1. Cek kondisi kabel masih bagus atau ga? siapa tahu ada bekas gigitan tikus atau putus karena kabel terlilit
  2. Jika kabel bagus akan tetapi tombol tak berfungsi baik, jangan terburu-buru memutuskan untuk beli baru
  3. Download driver perangat tersebut, jika saya menggunakan driver logitech mk100 ( saat install dan setting saya tetep sambungkan keduanya, yang error keyboard AVARIS jadi ikut bener)
  4. Download selesai langsung isnstall
  5. Setelah install selesai restart komputer
  6. Jika keyboard type PS/2 belum fungsi juga masuk control panel > keyboard > hardware (jika keyboard anda belum muncul) > SetPoint settings (saat saya klik yang muncul setpoint setting dari logitech karena keyboard baru saya logitech) > Install PS/2 Driver > Apply
  7. Finish, keyboard anda sudah bisa digunakan secara normal

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *