Prosedur Cek Fisik Kendaraan Bermotor

CEK FISIKBerikut ini ada beberapa tahap prosedur yang harus dijalani saat melakukan cek fisik kendaraan bermotor di SAMSAT Jakarta Barat. Prosedur ini lebih dianjurkan jika kendaraan anda dibawa ke samsat jakarta barat. Adapun yang harus dilakukan saat melakukan cek fisik kendaraan bermotor yaitu :

  1. Kendaraan masuk ke jalur antrian cek fisik.
  2. Ambil blangko cek fisik yang sudah disediakan di loket cek fisik.
  3. Serahkan blangko ke petugas lapangan, yang bertugas untuk melakukan cek fisik kendaraan bermotor anda.
  4. Gesek kendaraan (pengesahan noka dan nosin), petugas akan menggesek nomor rangka dan nomor mesin pada sticker yang sudah disediakan bersama dengan blangko.
  5. Evaluasi hasil pengesahan, nomor rangka dan nomor mesin yang sudah digesek akan di evaluasi oleh petugas.
  6. Serahkan ke loket pengesahan, hasil pengesahan yang sudah selesai digesek akan diberikan ke pemilik kendaraan untuk diserahkan ke loket pengesahan.
  7. Cek hasil pengesahan noka dan nosin.
  8. Disahkan oleh baur cek fisik, hasil pengesahan akan diperiksa dan ditandatangani oleh baur cek fisik.
  9. Disahkan oleh paur TU (mutasi antar polda)
  10. Serahkan hasil cek fisik ke wp, yang terakhir anda akan menerima hasil cek fisik untuk melanjutkan proses selanjutnya jika anda ingin bayar pajak, perpanjang stnk atau ganti plat nomor.

Menurut pengalaman yang saya alami, plat nomor lebih dikenal dengan kaleng. Awalnya saya sempet bingung, ada bapak-bapak bertanya : “ganti kaleng mas?”. Ganti kaleng ? loading…. ow iya pak ganti plat nomor.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

One thought on “Prosedur Cek Fisik Kendaraan Bermotor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *