Cara Riset Kata Kunci Tertarget

Cara Riset Kata Kunci Tertarget menggunakan search engine google sacara langsung. Metode yang saya terapkan pada setiap akan melakukan posting artikel terbaru. Memang aneh, menulis harus tahu referensi tulisan orang lain terlebih dahulu. Kegiatan tersebut bisa disebut melakukan blogwalking secara organik.

Membaca artikel dari para mastah di urtutan 3 besar hasil pencarian google. Dengan harapan bisa menginspirasi dan menciptakan judul baru. Pada saat mencari di google dengan kata kunci “Cara Riset Kata Kunci Tertarget”. Terdapat tiga urutan blog para mastah diantaranya adalah :

  1. Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner dari maxmanroe.com.

  2. Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner dari klikmani.net.

  3. Cara Mudah Menentukan Keyword Dengan Google Keyword Planner dari waladala.com.

Itu adalah ketiga saingan terberat saya. Jika ingin menulis dengan keyword atau kata kunci “Cara Riset Kata Kunci Tertarget”. Dengan jumlah penyajian data dari google search engine sekitar 7870. Para mastah lebih memilih menggunakan riset kata kunci keyword planner dari google.

Saya juga pernah menggunakan cara tersebut. Tetapi hasilnya tidak seperti yang saya inginkan. Tak seperti angka-angka data statistik yang ditampilkan oleh google keyword planner. Saya salah penerapan kata kunci atau karena banyaknya pengguna google keyword planner.

Sehingga saya kalah cepat atau kalah langkah dengan para blogger lainnya. Coba bayangkan, Ada berapa blogger di Indonesia (kita persempit wilayahnya agar mudah untuk membayangkan). Anggap saja jutaan, saya asumsikan misalkan kita menggunakan keyword planner google semua.

Anggap saja google keyword planner menyajikan data “A” sebagai kata kunci yang banyak dicari atau sering digunakan. Nah, jutaan blogger menggunakan keyword “A”. Dan secara otomatis, tentu saja akan banyak sekali pesaing untuk keyword “A”.

Pada saat ada pengguna google mencari dengan kata kunci “A”. Maka google akan menampilkan artikel blog / web di hasil pencarian dengan kriteria sebagai berikut. (opini saya, jika ada yang salah atau kurang pas. harap dimaklumi atau Anda boleh nambahin di kolom komentar) :

  1. Artikel yang paling relevan
  2. Di dalam judul terdapat kata kunci “A”
  3. Di dalam link artikel terdapat kata kunci “A”
  4. Di meta deskripsi terdapat kata kunci “A”
  5. Blog paling banyak dibaca atau menjadi rujukan blog lain (backlink).
  6. Di kolom komentar ada kata kunci “A”
  7. Banyak tulisan yang terkait dengan kata kunci “A” di blog tersebut.

Itu yang menurut saya penting dan bisa mempengaruhi hasil penyajian google di halaman pertamanya. Apakah penulisan artikel dengan 1000 kata bisa mempengaruhi? jika tulisannya relevan bisa mempengaruhi. Tetapi ada beberapa tulisan saya yang hanya 250-500 kata bisa tembus page one dan number uno.

Dengan adanya kata kunci “A” yang ditulis jutaan blogger. Kalau jutaan kebanyakan anggap saja ribuan blogger. Saya ulangi ya, jika ada kata kunci “A” digunakan oleh ribuan blogger dan mereka bersaing di search engine google. Maka ke tujuh poin diatas bisa dijadikan parameter untuk menampilkan data yang dicari oleh pengguna google.

Oleh karena itu, jika Anda adalah salah satu blogger yang menggunakan metode yang sama. Harus pandai-pandai menulis untuk menghasilkan artikel yang paling relevan. Artikel yang relevan ini bisa dibilang adalah artikel yang berkualitas. Bisa muncul di page one google dan number uno.

Menurut hemat saya. Bagi Anda yang gagal menggunakan keyword planner google. Bisa ubah metodenya menggunakan metode yang saya gunakan. Apa bang metodenya? metode ATM. Maksudnya? ATM adalah singkatan dari Amati Tiru Modifikasi. Apakah hal tersebut diperbolehkan oleh google?

Tentu saja diperbolehkan, kita kan tidak mencuri artikel orang. Kita sama saja dengan menggunakan keyword planner google. Hanya saja menggunakan rekayasa sendiri dan perlu adanya modifikasi. Yang tidak diperbolehkan adalah copy paste semua artikel orang ke dalam artikel yang kita tulis. ATM menjadi rujukan pertama saya untuk menentukan kata kunci tertarget.

Yang kedua, pada saat menggunakan mesin pencari google. Anda akan memperoleh saran penelusuran terkait. Hal itu bisa dibilang kata kunci rujukan yang diberikan oleh google untuk Anda. Kata kunci tersebut bisa digunakan untuk dijadikan kata kunci tambahan. Agar orang yang mencari dengan kata kunci tersebut bisa merujuk ke blog Anda.

Penelusuran terkait terletak dibagian bawah setelah hasil pencarian. Misalkan penelusuran terkait dengan kata kuni “Cara Riset Kata Kunci Tertarget” adalah :

  • cara riset kata kunci yang benar
  • cara riset kata kunci di google
  • keyword planner google
  • cara menggunakan keyword planner
  • cara riset keyword
  • ubersuggest
  • keyword planner gratis
  • google keyword planner youtube

Oiya, saya juga pernah menggunakan ubbersuggest  untuk riset kata kunci. Akan tetapi hasilnya tidak bisa maksimal, kemungkinananya karena :

  1. Saya belum bisa menerapkan kata kunci dengan baik
  2. Penulisan belum proposional
  3. Penulisan tidak relevan
  4. Informasi yang saya tampilkan cetek, akibat belum pernah membaca refferensi.
  5. Kalah dengan para master blog.

Cara Riset Kata Kunci Tertarget yang benar?

Ini adalah cara ketiga saya, menurut saya paling ampuh hasil ramuan sendiri. Berkat membaca buku dari kang jefferly yang berjudul “Panduan Lengkap SEO Pemula untuk Blogger”. Kemudian saya meramunya dengan asumsi sebagai berikut :

Pertama, Pada saat akan menentukan kata kunci, kita harus tahu siapa calon pembaca kita. Sebagai contoh kasus, saya memberikan contoh pada artikel blog saya di popular post. Artikel tersebut berjudul Cara Bayar IndiHome via ATM. Dan kata kunci yang saya gunakan juga sama persis seperti judul.

Jika Anda menggunakan kata kunci tersebut di google search engine. Maka akan muncul tulisan saya di halaman pertama dan number uno. Siapa target pembaca artikel saya? targetnya adalah pengguna IndiHome. Contoh kedua adalah Cara Daftar VIP Smule Sing! Karaoke di Android dan iPhone. Target pembacanya adalah pengguna Smule. Anda bisa cek berapa juta pengguna smule di Indonesia.

Kepopuleran smule hingga merambah ke youtube, pengguna youtube tahu sendiri kan jutaan. Contoh ketiga adalah Cara Mendapatkan Akun VIP Joox Secara Gratis. Dengan target pembaca para pengguna aplikasi Joox. Anda bisa cari tahu kepopuleran joox seperti apa?

Dari ketiga contoh artikel populer saya tersebut. Bisa disimpulkan bahwa, kita bisa membuat kata kunci tertarget. Dengan mencari tahu terlebih dahulu siapa target pembaca artikel kita.

Kenapa tidak menulis artikel dengan target blogger Indonesia? kan calon pembacanya jutaan. Dan saya jawab tidak. Kenapa? karena saya tdak mampu bersaing dengan para mastah bologger. He he he

Bila ingin tembus page one dan number uno, usahakan belum ada penulis sebelumnya. Atau pesaingnya baru sedikit yang menulis artikel dengan kata kunci sama. Itu saja untuk artikel yang berjudul “Cara Riset Kata Kunci Tertarget”. Semoga bermanfaat.

seo on page, kata kunci tertarget seo on page

 

cara riset kata kunci tertarget

+ Informasi Tambahan

Untuk pengguna wordpress bisa pasang plugin Yoast SEO untuk tester kata kunci SEO apa belum. Dengan parameter sebagai berikut :

  • The copy scores 13.7 in the Flesch Reading Ease test, which is considered very difficult to read. Try to make shorter sentences, using less difficult words to improve readability.
  • The focus keyword appears in 1 (out of 2) subheadings in the copy. While not a major ranking factor, this is beneficial.
  • The text contains 1201 words, this is more than the 300 word recommended minimum.
  • The images on this page contain alt tags with the focus keyword.
  • The focus keyword appears in the URL for this page.
  • The meta description contains the focus keyword.
  • The page title contains the focus keyword, at the beginning which is considered to improve rankings.
  • The page title is between the 35 character minimum and the recommended 65 character maximum.
  • The focus keyword appears in the first paragraph of the copy.
  • You’ve never used this focus keyword before, very good.

Itulah parameter atau informasi yang diberikan oleh yoast SEO jika kita menggunakan plugin nya dan memasukan Focus Keyword di kolom yang sudah disediakan. Plugin ini gratis untuk pengguna wordpress.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

10 thoughts on “Cara Riset Kata Kunci Tertarget”

  1. Mas maksudnya rujukan blog lain itu gimana ? kan ga mungkin orang iseng2 pasang link ke artikel kita, kebanyakan sih punya saya dapet rujukan ( backlink ) soalnya artikel saya dicopas full. Apakah artikel kita harus dicopas full untuk mendapat backlink ?. Backlink itupun menurut saya tidak berkualitas karena blog si pengcopas masih tergolong kecil ( Alexa gaada, PR gaada, Dll ).

    1. Kamu bisa bikin dummy blog, link menuju blog utama kamu. Kalau artikel kamu jadi rujukan harusnya si penulis dengan ikhlas memberikan backlink dari artikelnya. Kamu bisa nulis di blog orang. Kamu bisa submit artikel di blog saya juga. Kalau orang copas ga sah dipikirin.

    1. misal nih, di komentar ini ada kata kunci A = cara riset kata kunci yang bagus,

      ” a sebagai variabel ” yang bisa diganti denngan kata atau sebuah kalimat yang mendukung artikel itu sendiri.

      Jika a diganti “terimakasih gan” “info yang bagus gan”

      komentar seperti itu tidak relevan dan tidak membantu menambah kata kunci artikel.

      Fungsi komentar yang mengandung kata kunci menambah kata kunci artikel.

      misal :
      A (didalam komentar) diganti “saya sudah menerapkan riset kata kunci akan tetapi belum berhasil secara baik”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *