Cara Mengatasi Invalid SIM Card pada Modem Bolt 4G LTE

Adakah diantara pembaca Lukulo Media yang menggunakan SIM Card Bolt 4G LTE untuk paket data Internet modem ataupun router WiFi. Jika ada yang menggunakannya, kebetulan banget pada saat ini saya akan berbagi pengalaman dengan Anda mengenai Invalid SIM Card pada modem Bolt 4G LTE. Sebelum menggunakan dengan layar komputer, saya pribadi tidak tahu kalau ada yang namanya Invalid SIM Card.

Silakan lihat video berikut ini, jika ingin tahu caranya lebih dahulu.

Saat modem dalam kondisi on atau power modem dalam keadaan hidup, lampu led penunjuk sinyal berwarna merah. Pada smartphone yang menggunakan sinyal wifi modem yerlihat penuh 4 bar. Namun tidak terkoneksi dengan sambungan internet, tidak bisa googling, tidak bisa facebookan dan kegiatan online lainnya. Ya iyalah namanya juga tidak terkoneksi dengan internet.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan modem tidak ada koneksinya dengan internet. Diantaranya adalah :

  1. Memang sedang tidak ada sinyal yang bagus dari provider BOLT atau sinyal putus nyambung tak stabil.
  2. Kuota paket data Abis
  3. SIM Card Bolt 4G tidak terpasang dengan benar
  4. Invalid SIM Card ( SIM Card Bolt tidak terbaca oleh perangkat modem).
  5. Modem yang rusak

Untuk menganalisa kejadian diatas adalah dengan cara sebagai berikut :

  1. Jika memang Bolt buruk yang terjadi, coba tanyakan ke teman sesama pengguna bolt. Adakah kendala dengan sinyal jaringan Bolt atau tidak, jika tidak ada kendala dari provider maka coba cek langkah kedua.
  2. Cek kuota Anda dengan cara masuk ke My Bolt Anda. koneksi internet saja ga nyambung tentu saja tidak bisa melakukan pengecekkan. Lompat ke cara ke 3.
  3. Pada langkah ketiga, mengeceknya mudah. Mungkin pemasangan SIM Carad Anda kebalik atau tidak pada posisi yang benar. Anda bisa langsung mengemabalikan ke posisi yang benar.
  4. Apabila posisi sudah benar akan tetapi tidak bisa sambung ke internet juga. Coba sambungkan modem Bolt Anda ke komputer, jika tak punya bisa pinjem teman atau pergi ke Warnet terdekat untuk pinjem komputernya saja. Setelah modem tersambung ke komputer menggunakan kabel data. Maka otomatis akan minta install jika belum terinstall modem tersebut di komputer yang Anda gunakan.
  5. Jika modem sudah terinstall maka akan otomatis menyambung ke http://192.168.1.1/index.html#login. Di halaman link tersebut maka Anda akan melihat analisa dari modem Bolt 4G LTE yang Anda gunakan dibagian atas. Diantaranya adalah Operator (LTE Bolt Super 4G), kekuatan Sinyal ( ditandakan dengan bar), jumlah pengguna wifi, status koneksi, SIM Card (Valid / Invalid), Level batere, bahasa yang digunakan dan form login Admin.
  6. Coba Anda fokus pada SIM Card petunjuknya valid berwarna hijau atau invalid berwarna merah. Jika valid harusnya terkoneksi dengan internet dan bila berwarna merah maka Invalid SIM Card. Untuk memperbaiki SIM Card yang Invalid, ada dua trik yang bisa dilakukan. Yang pertama usahakan posisinya benar, jika sudah benar berarti kemungkinan keduanya kuningan pada SIM Card kotor.
  7. Langkah selanjutnya coba Anda bersihkan dengan penghapus, pada bagian kuningan SIM Card gosok-gosok dengan penghapus hinngga terlihat bersih tanpa noda kemudian pasang kembali ke modem. Contoh bisa lihat video dibawah ini :

Caranya mudah bukan? Silakan sekarang Anda yang membuktikannya langsung jika ada masalah seperti yang saya alami (Invalid SIM Card pada modem Bolt 4G LTE).

+ informasi tambahan cara unlock modem bolt :

Jika ingin unlock modem bolt, silakan ketikkan kata kunci “cara unlock modem bolt + type modem anda”. Anda bisa mencari di google search atau di youtube.

53 thoughts on “Cara Mengatasi Invalid SIM Card pada Modem Bolt 4G LTE”

  1. Langkah nomor 7, bersihin bagian tembaga kartu SIM-nya, trus pasang lagi, bener-bener mujarab. Gw udah reset berkali-kali, sampe lepas baterai segala, tetep invalid. Begitu gw bersihin tembaga sim cardnya, trus pasang lagi, langsung bisa terhubung.

    Makasih ya tipsnya.

  2. Halo min, udah ane coba dibersihin pake penghapus, masih no sim juga. Trus ane bawa ke bolt zone, normal lagi. Katanya cuman di reset doang. Nag ini sekarang no sim lagi, ane coba reset lagi tapi masih tetep no sim. Gimana ya min solusinya? Sim udah ane cek di hp ane, masih bener.
    Thanks min

  3. aku dah coba pake penghapus.. pas dinyalain bisaa.. d reset lg, eh gabisa lagi,, apa harus trus pke penghapus yaa klo abs d matiin ?

  4. Gan mau tanya, saya punya bolt mv1 kok no services terus dan itu secara tiba2 padahal sebelumnya normal dan saya pakai kartu GSM. mohon solusinya gan…..mksih

    1. kalau masih garansi sebaiknya langsung dateng ke gerai bolt terdekat, barangkali perlu di flash, setting ulang pabrik.

      Itu di unlock sendiri apa emang sudah unlock?

  5. Min ane juga pakai bolt movimax (orion), dari awal beli sudah unlock. hampir setahun ane pakai normal-nomal saja, tapi sudah semingguan ini tiba-tiba no service terus. sudah direset, sudah diflash dengan firmware yang sama (versi unlock-nya) kok masih belum berhasil ya?

  6. Min..saya mau nnya.saya punya bolt movimax-mv1.beberapa minggu lalu masih lancar2 aja.
    Dlam bbrpa hari ni no service trus..
    Mohon solusinya min..

    1. dateng ko counter si penjual. kemungkinnanya ada beberapa masalah :
      1. sim tidak terbaca
      2. firmware rusak / tidak jalan normal
      3. memang tidak ada layanan bolt

      1. mau tanya dong kan bolt saya pake kartu lain nomor bolt untuk log in nya itu yang mana ya saya mau crk quota #mohonbantuannya

        1. coba buka diaplikasi mybolt, atau cek di transaksi terakhir kamu isi bolt. Buka lewat aplikasi atau pc, atau browser my bolt. nanti akan nongol tuh nomor.

  7. Min,saya mau tanya kan saya punya modem.lha dlu pkenya GSM tp yg 3G sdngkn saya coba gnti 4G.tp kok mlh cuma bs buat telkomsel aja ya ? Pdhl dlu smua kartu.itu knp ya ? Klow saya msukin kartu lain kok no SIM.knp ya ? Thanks sebelumnya

  8. min tanya, pertanyaan yang sama dengan agan2 di atas,
    udah setahun pake orion, trus 2hari ini tiba2 no service padahal kartunya baru, udah digosok2 juga pake penghapus not work, trus buka webnya simcard ke detect hanya tetep no service di bolt nya..kalo misal di upgrade, yang tadinya unlock dluan apa balik locked apa gimana ya ? trus kalo misalnya upgrade pun gak work, apa modem saya rusak ya ? terima kasih

  9. lupa tadi udah ke send apa belum 😀
    maaf min, tanya lagi. kalo no service gitu selain dibersihin pake penghapus juga gak work kenapa ya, padahal card nya baru, sim ke detect pas open via web, tapi no service, trus kalau di upgrade firmware, yang tadinya unlock bakal ke locked lg gak ya, nah kalo misal cara ini pun gk work, apa modem saya rusak ya :’)
    terima kasih ^^

  10. makasih mas min, bolt saya mengalami masalah yang sama dan berhasil pakai cara yang digosok pakai penghapus 😀 . sekali lagi makasih.

  11. Bangsat lu min. Jawaban2 lu kolom komentar tidak ada yang sesuai konteks. Jawabannya standar banget: lapor cs, telepon css, dll. Itu namanya goblok dan bodoh karea tidak bisa ngasi jalan keluar. Mending lu berenti nulis deh daripada makin bego.

    1. maksudnya searching mulu? sinyal ga dapet atau gimana? kalau bermasalah tak teratasi coba datang kembali ke toko yang buat beli. dan pastikan di lokasi kamu ada sinyal bolt

  12. Mas nih jaringan konek 1 doang tapi kaga bisa buat di sambungin ke internet padahal terhubung . Ini slolusinya gimna mas

  13. Pertama di modem bolt saya itu tulisannya no service, pas saya ikut cara di atas tulisannya menjadi insert a card and restart , trus saya sambungin ke laptop tp malah ga bisa
    Caranya gimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *