Cara Membuat STNK Baru Yang Hilang

INFO dari Divisi Humas Mabes Polri

Proses Pembuatan baru STNK Hilang

Untuk mengurus STNK yang hilang, siapkan persyaratan data berikut:

1. KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi.
2. Fotokopi STNK yang hilang.
3. Surat Keterangan Hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat.
4. BPKB asli dan fotokopi.

Prosedur pengurusan STNK hilang adalah sebagai berikut:

1. Cek Fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.
2. Mengisi Formulir Pendaftaran.
3. Mengurus Cek Blokir (Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. (Lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat).
5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. (Bila telah dibayar maka bebas biaya pajak).
6. Membayar Biaya Pembuatan STNK baru.
7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
8. Selesai.

Cara membuat STNK baru yang hilang ketika STNK saya hilang oleh teman adikku karena jatuh plus dijalan. Semua persyaratan sudah saya persiapkan, hanya saran saja bagi yang belum pernah mengalami kehilangan. STNK sebaiknya difotocpy untuk antisipasi apabila terjadi kehilangang seperti yang saya alami. Sebenarnya bisa saja tanpa fotocopy STNK. Akan tetapi lebih baik menggunkan fotocopynya agar dokumen lebih lengkap dan kuat secara hukum sebagai bukti.

Apabila Anda mengalami kehilangan STNK segera lapor ke polsek terdekat saat mengalami kehilangan. Dan perlu diketahui juga bahwa surat kehilangan STNK memiliki masa berlaku hanya 14 hari. Bagi yang tidak bisa mengurus sendiri bisa minta tolong ke saudara atau menggunkan biro jasa. Yang terpenting berkas persyaratan sudah terpenuhi.

Untuk prosedur pengurusannya yang perllu diketahui, apabila kendaraan Anda berada di luar kota. Sedangkan kendaraan merupkan plat daerah, Anda bisa melakukan cek fisik di kota tersebut kemudianm baru mengurus proses selanjutnya di daerah. Apabila Anda mengurus cek fisik datang langsung ke SATLANTAS atau POLRES yang menangani cek fisik karena STNK hilang.

Pengalaman saya kemarin ketika mengurus STNK yang hilang, dan kebetulan sekalian perpanjang masa berlaku SIM. Untuk cek fisik kendaraan bermotor berada di SATLANTAS/Polres Kebumen, Cek fisik bayar 40 ribu rupiah. Padahal tadinya sudah datang ke SAMSAT Kebumen, disuruh cek fisik di Satlantas kata pegawai di samsat. Saat cekĀ  fisik jangan lupa bawa dokumen persyaratannya.

Setelah cek fisik selesai, disuruh membuat iklan kehilangan motor di radio BIMA SAKTI. Ketika di BIMA SAKTI ketemu dengan bang feril / kang Andri, beliau menyarankan membuat iklan kehilangan STNK di SUARA MERDEKA juga. Karena tak ingin repot bolak balik, saya melakukan saran yang diberikan oleh kang feril. Iklan di Bima Sakti bayar 15 ribu dan untuk iklan di Suara Merdeka bayar 20 ribu.

Cek fisik dan membuat iklan kehilangan sudah selesai langsung bergegas ke SAMSAT Kebumen untuk mendaftar mengurus berkas. Untuk di samsat, disarankan mengurus berkas terlebih dahulu di lantai dua. Kemudian turun menunggu penandatanganan berkas, setelah dapatkan berkas dan tandatangan lanjut ke UP3AD Kebumen. Tempatnya bersebelahan, tidak harus keluar area Samsat Kebumen.

Setelah berkas selesai, lanjut masuk ke loket pengambilan form pendaftaran pengurusan STNK Hilang (jangan lupa semua berkas masukan ke map biru). Form pendaftaran selesai, lanjut ke loket pembuatan STNK baru (kena pungli 30 ribu). Jika Anda sudah lunas pajak maka tidak dimintai untuk membayar pajak, hanya diminta untuk membayar biaya administrasi STNK sebesar 50 ribu.

Sampai proses ini sudah selesai, untuk pengurusan STNK hilang di SAMSAT Kebumen tidaklah terlalu lama.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *