Cara Laporkan Oknum Polisi Pungli di Samsat Kebumen

Kemajuan teknologi informasi memudahkan kita untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari social media, belanja online, game online dan lain sebagaianya. Termasuk yang satu ini, yaitu laporkan oknum polisi pungli atau oknum polisi nakal yang merusak citra baik tubuh POLRI sendiri. Tak habis pikir, kenapa harus ada polisi nakal yang tega melakukan pungli atau sejenisnya yang merugikan masyarakat.

Padahal visi misi POLRI sendiri sudah jelas ingin melindungi, mengayomi dan melayani serta memberikan rasa aman bagi warga Indonesia. Bukankah kebumen masih termasuk dalam peta wilayah negara kesatuan republik Indonesia? Tetapi mengapa ada sebagian oknum polisi yang berani melakukan pungli, termasuk saya juga pernah menjadi korbannya saat melakukan perpanjang masa berlaku stnk, plat nomor dan bayar pajak kendaraan bermotor.

Waktu kejadian itu saya diam dan kesal sekali bahakan rasanya emosi, ingin teriak sekencang-kencangnya. Woi,,,,! oknum polisi pungli….! jangan gadaikan hati nuranimu dengan rupiah. Harusnya malu,,,, menggunakan kewenagannya diluar kewenangannya, integritas anda ditanyakan wahai oknum polisi. Anda sudah melanggar prinsip kebenaran dan keadilan.

Kalau Anda merasa gajinya kurang harusnya cari usaha lain, jangan malah melakukan pungli. Gaji saya juga kurang, saya mencoba bisnis online bukan memeras orang lain. Jika pak oknum polisi menyesal jadi polisi, silakan keluar atau mengundurkan diri. Karena POLRI ada untuk mengabdi untuk nusa dan bangsa yang dibayar oleh negara.

Tahukah Anda? uang negara sebagian besar hasil dari pemungutan pajak, jika oknum polisi tak menyadari itu harusnya belajar kembali tata negara. Jangan rampok kami dengan terang-terangan. Oke, itu luapan emosi saya yang sempet tertahan enam bulan lamanya. Untuk menghindari kejadian pungli seperti itu, saya ingin berbagi tutorial ke para pembaca agar terhindar dari Pungli oleh oknum polisi.

Berikut ini trik saya agar terhindar dari oknum polisi nakal / pungli yaitu “Cara Laporkan Oknum Polisi Pungli di Samsat Kebumen”, bisa juga diterapkan di samsat seluruh Indonesia :

  1. Jika terkena pungli dari polisi nakal, silakan Anda mintai kartu pengenalnya. Jika oknum polisi nakal tidak memberikan ID pengenalnya, maka jangan mau memberikan uang pungli.
  2. Catat nama oknum polisi nakal, tidak hanya di samsat, bisa di instansi-instansi  polisi lainnya jika kedapatan polisi nakal.
  3. Catat waktu kejadiannya.
  4. Catat tempat kejadian perkara
  5. Catat nama yang terkena korban polisi nakal atau oknum polisi pungli
  6. Catat kronologi kejadian
  7. Catat yang menjadi saksi, minimal saksi ada satu. Lebih dari satu lebih baik, jadi saya menyarankan jika mengurus surat-surat administrasi di instansi polisi sebaikanya membawa teman atau saudara menjadi saksi.
  8. Laporkan ke http://www.propam.polri.go.id/?mnu=pengaduan atau langsung telepon ke Div Propam POLRI di nomor telepon (021-7218615)

Berikut ini saya lampirkan himbauan dari Divisi Humas Mabes Polri per tanggal 8 Agustus 2015 jam 3 sore, yaitu :

IMBAUAN

Kadivpropam Polri Irjen Pol Drs. Raden Budi Winarso mengatakan ” Kita mau revolusi mental. Polisi nakal kita bersihkan,”.

Jika Mitra Humas mengetahui ada Oknum ANGGOTA POLRI atau PNS Polri yang melakukan tindakan menyimpang, segera catat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut dan melaporkan ke Bid Propam Polda setempat atau menghubungi Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615) / pengaduan Online di Website Div Propam Polri ( http://www.propam.polri.go.id/?mnu=pengaduan )

Jangan biarkan ada Oknum masyarakat menyuap
Jangan biarkan ada Oknum Polri menerima suap

Semoga “Cara Laporkan Oknum Polisi Pungli di Samsat Kebumen” menjadi inspirasi untuk para pembaca rodinsaputra.com. Dan memberikan semangat kepada para polisi untuk tetap mengayomi dan memberi rasa aman kepada warga Indonesia meskipun dicoreng oleh oknum polisi yang tak tahu diri dan tak bertanggungjawab.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *