Cara Jitu Rampingkan Rank Alexa

Apa si pengaruhnya rank alexa terhadap popularitas sebuah website atau blog, atau sebaliknya popularitas website atau blog mempengaruhi rank alexa? Menurut saya, yang mempengaruhi rank alexa adalah popularitas dari website atau blog yang anda kelola. Semakin populer website/blog yang anda kelola maka makin ramping pula rank alexa yang anda miliki. Lalu bagaimana cara jitu rampingkan Rank Alexa. Caranya tentu saja mudah dan setiap pemilik website atau blog dapat merampingkan rank alexa.

Mau tahu caranya? baik, mari kita amati terlebih dahulu sajian data yang ditampilkan oleh alexa apabila anda menggunakan akun alexa gratisan. Perhatikan data-data berikut ini :

Alexa Traffic Rank, berisi rank website/nlog anda secara global dan rank sesuai dengan asal negara (misal Indonesia)

Audience Geography, berisi peta lokasi pengunjung negara asal website. Menyajikan juga persentase visitor dan rank alexa di negara tersebut.

How engaged are visitors to this site? menyajikan data bounce rate dalam bentuk persentase, daily pageviews per visitor dan yang daily time on site. Bounce rate adalah prestase jumlah visitor yang mampir ke blog anda akan tetapi hanya melihat satu halaman setelah itu pergi meninggalkan. Semakin rendah presentase bounce rate anda berarti makin banyak halaman yang dibuka oleh visitor. Daily pageviews per visitor adalah angka estimasi halaman yang dilihat oleh per visitor. Daily time on adalah waktu estimasi setiap pengunjung dalam bentuk hitungan menit dan detik (mm:ss).

Where do visitors to this site come from?, berisi search traffic, top keywords from search engine, dan upstream sites. Search traffic menyajikan data dalam bentuk persentase traffic yang datang ke situs anda melalui mesin pencari selama 3 bulan terakhir dan diperbarui setiap hari. Jumlah presentase perubahan yang tampil merupakan perbandingan perbadaan selama 3 bulan sebelumnya. Top keywords from search engine merupakan kata kunci teratas yang digunakan untuk berkunjung ke situs anda selama 6 bulan terakhir, diperbarui setiap bulan sekali. Upstream sites adalah situs utama yang dikunjung pengunjung sebelum mengunjungi situs anda.

What sites link to this site?, merupakan jumlah link situs yang menghubungkan pengunjung ke situs anda.

Where I can find more info abot this site?, berisi site description dan contact. Site deskripsi merupakan deskripsi yang menjelaskan tentang situs anda dan contact berisi alamat pemilik situs.

Who visit this site?, berisi audience demography berupa informasi data pengunjung berupa jenis kelamin, pendidikan dan lokasi penjelajahan. Data diperbarui setiap 12 bulan sekali.

Itulah beberapa item yang ditampilkan dalam alexa rank. Nah lalu bagaimana cara jitu merampingkan rank alexa? anda bisa memperkecil rank ataupun memperbaiki data-data penting dengan cara sebagai berikut :

  1. Traffic rank secara global maupun negara asal, anda dapat merampinkan dengan cara rajin posting, submit artikel ke situs dengan rank lebih kecil dibanding situs anda, share ke social media dan blogwalking.
  2. Bounce rate, untuk memperbaiki presentase lebih kecil maka anda bisa mengoptimalakan blog anda agar bisa lebih cepat diakses oleh pengunjung. Gunakan template yang responsif, perbanyak content yang berkualitas, sajikan tampilan konten yang banyak dan menarik. Agar pengunjung betah berlama-lama di situs anda dan membaca artikel lainnya.
  3. Keyword, gunakan kata kunci yang kemungkinannya banyak digunakan oleh para pengunjung sehingga situs anda berada di pucuk atau halaman pertama google. Dengan tujuan : semakin baik halaman rank google anda maka semakin banyak pula cal;on pengunjung situs anda.
  4. Jumlah link yang merujuk ke situs anda. Anda bisa share ke media sosial, atau menitipkan link situs anda di blog orang lain.

Nah setelah anda mengetahui hal-hal yang bisa di lakukan untuk merampingkan rank alexa. Anda bisa langsung melakukannya mulai dari sekarang. Rank alexa membantu anda untuk memperbaiki setiap kekurangan atau kelemahan situs anda. Ada seorang kawan yang bilang rank alexa tidak penting, memang tidak penting akan tetapi rank alexa secara tidak langsung menjadi asisten pribadi anda untuk menganalisa situs yang anda miliki.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

5 thoughts on “Cara Jitu Rampingkan Rank Alexa”

  1. Intinya semua cara yang diterapkan memerlukan proses dan waktu yang tidak sedikit, kalau baru sebentar ajah udah ndak semangat gimana bisa dapat ranking yang ramping. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *