BASIC SKILL SEORANG PENYIAR

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa seorang penyiar itu kerjanya cuma ngomong, padahal banyak kemampuan yang harus dikuasai seorang penyiar handal. Seorang penyiar yang hanya bisa ngomong saja, tidak akan bisa membuat acara yang dia bawakan menjadi menarik. Nah apa saja sih kemampuan yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin menjadi penyiar ?

  1. Operating Skill

Operating skill adalah kemampuan seseorang untuk mengoperasikan semua perangkat yang menunjang sebuah radio agar bisa mengudara.
Karena beberapa radio tidak menggunakan operator saat siaran, jadi penyiar yang siaran harus mampu mengoperasikan sendiri semua alat. Sambil siaran dia juga ngeplay lagu, iklan, naikin potensio mixer dll.

Alat  yang harus bisa penyiar kuasai :
– Michrophone
– Mixer
– Komputer
– Menguasai minimal satu program untuk mixing ( misalnya cooledit ) untuk membuat iklan

  1. Announcing Skill
    Announcing Skill adalah teknik berbicara. Dalam teknik ini bukan hanya digunakan untuk siaran, tetapi juga bisa untuk presentasi, wawancara, drama, MC dll

Dalam Announcing skill ada beberapa hal :
– Pacing Timing : Jeda dan waktu jeda
– Emphasis : Penebalan pada kata2 penting
– Akurasi : Keakuratan dalam mengucapkan sebuah kata
– Range Vocal : Jangkauan nada saat berbicara
– Volume : Kerasnya suara saat berbicara
– Speed of Speak : Kecepatan dalam berbicara

  1. Writing Skill

Writing skill adalah teknik menulis, seperti menulis skenario siaran, script siaran, script iklan

  1. Jurnalism Skill

Jurnalism skill adalah teknik menulis berita untuk radio. Menulis berita di radio tidak sama dengan menulis berita untuk televisi dan surat kabar. Karena radio media selintas jadi anti detail seperti angka, nama orang yang tidak terkenal, dll. Harus Kiss : Keep It Short and Simple

  1. Musical Touch

Musical touch adalah bagaimana penyiar bisa menggunakan feelingnya dalam menggunakan musik. Misalnya saat dia menggunakan musik untuk backsound saat siaran atau menggunakan musik saat membuat iklan. Harus disesuaikan beat dan karakter musiknya.

feril

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *