aspek penting seo

5 Aspek Penting SEO Wajib Tahu

Aspek Penting SEO itu apa saja? Anda harus wajib tahu lima aspek penting SEO dalam sebuah website atau blog.

Apa itu seo ?

SEO untuk mengoptimalkan website kita agar pengunjungnya banyak dari Google. Atau mesin pencari.

Kenapa harus google ?

Coba lihat sekeliling Anda, berapa orang yang menggunakan android? Bahkan mungkin Anda sendiri menggunakan android. Android sudah ditanami mesin pencari dari google. Google lebih familiar dengan Anda dan pada masyarakat umumnya.

Orang cenderung malas nanya ke orang, pemilik android atau smartphone lainnya lebih suka bertanya Google. Karena setiap orang yang kita tanya belum tentu bisa menjawab. Dan tidak semua orang tahu apa yang Anda tanyakan. Anda harus menanyakan kepada ahlinya yang kompeten.

Di google banya sekali informasi yang bisa Anda dapatkan sesuai pertanyaan Anda.

Sebagai pemilik blog ataupun pemilik website. Sebaiknya tahu data statistik Anda untuk mengetahui berapa jumlah visitor atau pengunjung. Darimana mereka berasal? menggunakan perangkat apa? menggunakan sistem operasi apa? dan darimana asalnya?

Anda wajib tahu, untuk meningkatkan pelayanan Anda ke pengunjung. Jika Anda pemilik bisnis atau jualan produk. Anda akan mengetahui produk apa yang paling disukai oleh pengunjung web Anda. Jika Anda penulis blog / web, Anda juga jadi tahu artikel mana yang paling sering dibaca.

Anda cukup daftar Google Analytic agar bisa membaca statistik web / blog Anda. Setelah memiliki google analytic, anda juga wajib add url google di setiap selesai posting artikel. Agar dengan cepat terindeks google, pada setiap Anda posting artikel baru.

Bagi yang belum puas dengan penjelasan saya diatas bisa cari infonya kembali di search engine google. Sekarang, mari kita mulai bahas pada inti artikel.

5 Aspek Penting SEO,

Wajib Tahu

5 Aspek penting SEO

  • Pertama Monetisasi dan Riset. Anda tentukan terlebih dahulu, website akan di monetisasi dengan model bisnis apa? Tujuannya adalah profit, darimana websita kita akan menghasilkan uang.

Misalkan kita akan membuat website untuk jualan. Berarti hasil uangnya dari hasil produk yang kita jual di web kita. Kalau Anda ingin membuat website untuk di monetisasi dengan adsense. Berarti uang yang dihasilkan dari Adsense.

Jika Anda membuat website untuk afiliasi, berarti hasil uangnya dari afiliasi. SEO ini cocok untuk jenis website adsense dan afiliasi. Kenapa adsense dan afiliasi harus pakai SEO? Karena adsense dan afiliasi sulit untuk dipasarkan menggunakan facebook ads dan google adwords.

Mau tidak mau, pilihan terakhirnya adsense dan afiliasi menggunakan SEO.

  • Kedua On Page, untuk SEO On Page lebih mengarah ke isi konten website Anda. Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas SEO On Page. Anda juga bisa belajar sendiri di google atau mau belajar dengan saya juga boleh silakan.

Baca : Jasa SEO Blog Gratis, SEO On Page

  • Ketiga Off Page, untuk Off Page lebih mengarah ke backlink. Contohnya cara mendapatkan backling adalah dengan cara blogwalking. Anda juga bisa menulis di blog orang yang sudah terkenal. Dengan menanamkan link aktif di artikel yang Anda tulis.

Baca : Cara Blogwalking dan Komentar Relevan

Social media bookmark juga, bisa. Bagaimana caranya? Anda bsa cari tahu di google agar terbiasa menggunakan google. Atau Anda ingin menulis artikel di rodinsaputra.com juga boleh. Bagaimana caranya? simaka tutorial di bawah ini :

Baca : Submit Artikel

Perlu diketahui bahwa, backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari dalam sebuah artikel.

  • Keempat Domain, yang termasuk didalamnya adalah TLD, umur dan kata kunci. TLD (Top Level Domain), tetapi tidak menutup kemungkinan domain grtisan mampu bersaing di SEO. Hanya saja, domain TLD lebih banyak menangnya dibanding yang gratisan.

Untuk umur apakah berpengaruh? sangat berpengaruh. Terbukti dengan yang pernah dan bahkan saya sering alami. Saya gagal bersaing dengan domain / blog / web yang lebih tua usianya. Saya terpental jauh, jika harus berebut kata kunci dan bersaing dengan para master.

Apakah kata kunci berpengaruh? tentu saja berpengaruh, buktinya kalau kita cari di google. Tentu saja kalau kita cari di google pakai kata kunci, tak perlu nulis panjang lebar. Untuk mendpatkan informasi yang diinginkan dari google.

  • Kelima Hosting, pemilihan hosting harus disesuaikan dengan target pengunjung dan kebutuhan blog kita.

Mau pengunjung dari Indonesia atau dari luar negeri. Itu sangat berpengaruh dalam penentuan hosting. Kalau target Anda adalah pengunjung dari Indonesia, cukup mengunakan server yang berada di Indonesia.

Jika target pengunjung Anda adalah pengunjung luar negeri gunakan server luar negeri. Misalkan Anda bisa menggunakan server yang berada di negara Singapura dan US.

Untuk penyesuaian kebutuhan, Anda bisa memilih hosting VPS, Share Hosting, Dedicated Hosting. Dari 3 jenis hosting tersebut, jika Anda memiliki web berpenghasilan dari Adsense. Cocoknya menggunakan VPS Hosting. Bagi Anda yang memiliki pengunjung dengan lalu lintas yang tinggi bisa menggunakan Dedicated Hosting.

Bagi pemula atau blogger cukup menggunakan share hosting. Karena biaya yang dibayarkan akan ditanggung rame2 oleh pengguna hosting. Jadi biaya yang dibebankan menjadi lebih terjangkau dan murah.

Baca : Hosting Murah Cocok Untuk WordPress dan Diskon 50 %

Itulah ke 5 aspek penting seo yang wajib Anda ketahui. Jika dipersingkat agar mudah diingat adalah sebagai berikut :

  1. Monetisasi dan riset
  2. SEO On Page
  3. SEO Off Page
  4. Domain
  5. Hosting

Semoga informasi ini membantu Anda untuk belajar SEO. Jika Anda merasakan manfaatnya dari artikel “5 aspek penting seo wajib tahu” silakan like and share.

Jika Anda menemukan kendala atau hal yang kurang berkenan silakan langsung komentar saja. Atau Anda ingi belajar SEO On Page dengan saya via chat inbox Facebook juga boleh. Terimakasih atas kunjungannya.

Baca : Cara Mendapatkan Uang 1 Juta Pertama dari Blog

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *