SMK N 1 Gombong Sebagai Sekolah Bertaraf Internasional

sumber : smkn1gombong.com
sumber : smkn1gombong.com

Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah sekolah yang diselenggarakan dengan kurikulum berkarakte-ristik Indonesia tapi bertaraf internasional. SBI dalam pembelajaran di sekolah menggunakan pengantar bahasa Inggris pada kelompok mata pelajaran berkategori hard science seprti matematika, fisika, kimia, biologi dan teknologi informasi, yang memang membutuhkan pertukaran dan kekinian informasi dari negara-negara lain yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan internasional. Sehingga dipersyaratkan juga gurunya harus mengusai bahasa inggris.Namun sayang, beberapa waktu lalu RSBI telah ditiadakan.Karna menurut Masyarakat RSBI membuat diskriminasi antar rakyat miskin dan rakyat kaya.

Namun perlu diketahui, penghapusan Rintisan Sekolah Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ataupun sekolah berkurikulum internasional hanya berlaku untuk sekolah negeri. Penghapusan tidak berlaku untuk sekolah swasta yang menerapkan status sekolah berstandar internasional atau berbasis kurikulum internasional karena sekolah swasta tidak dibiayai oleh negara. Perubahan setelah di hapusnya RSBI ini bukan hanya sekedar hanya mengganti nama atau istilah serta pembenahan jangan hanya bersifat semu, apalagi kamuflase. Perubahan menyangkut aspek spirit pengabdian pada dunia pendidikan secara berkeadilan, terutama pada kesetaraan terhadap semua warga negara untuk memperoleh kesempatan pendidikan yang baik dan bermutu.

Salah satu contoh RSBI adalah SMK N 1 Gombong. Sekolah yang di kenal sebagai salah satu sekolah favorit di daerah kebumen ini sebelum nya adalah RSBI, ya di tambah lagi SMK N 1 Gombong mendapat penghargaan sebagai Adiwiyata’s School. Kedua julukan itu memang pantas di raih oleh sekolah ini, jika kita melihat atau keliling sekolah ini saat mendapatkan kedua julukan tersebut, fasilitas yang dimiliki memang sangat lengkap, mulai dari tempat praktik mesinnya yang dulu cara masuknya menggunkan sidik jari, Tempat praktik jurusan Komputer yang peralatannya sangat lengkap dan juga tempat praktik jurusan otomotif yang pasti memiliki banyak kendaraan agar siswa langsung bisa praktik kerja agar tidak kaget atau kaku jika benar – benar di perintah untuk mengerjakan langsung/ langsung turun memperbaiki kendaraan, ditambah lagi guru – guru di SMK N 1 Gombong ini Mahir dalam berbahasa Inggris sesuai dengan ketentuan RSBI tsb.

Pastilah banyak siswa SMP yang merasa rugi karena tak bisa merasakan masa-masa kejayaan SMK N 1 Gombong ini. Setelah SMK N 1 Gombong sudah tidak menjadi RSBI, sekolah ini tidaklah menjadi sekolah yang tidak di kenal orang, justru SMK N 1 Gombong ini bertambah maju, bisa kita lihat sekarang siswa siswi SMK N 1 Gombong rata-rata, malah hampir keseluruhan memiliki otak yang cerdas dan IQ yang tinggi, Sebenarnya setelah RSBI di hapuskan memang ada sedikit perubahan yang di alami sekolah ini, Namun guru-guru dan siswa siswi SMK N 1 Gombong tak pernah putus asa dalam memajukan SMK N 1 Gombong meski sudah tak Bertaraf Internasional. Hingga saat ini SMK N 1 Gombong tetap kokoh dan tetap menjadi salah satu sekolah favorit di daerah Kebumen.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *