Project Loon di Indonesia - Balloon Google

Project Loon di Indonesia – Balloon Google

Project Loon di Indonesia – Balloon Google, project dari google di bidang internet. Saya mengetahui ini saat nonton berita di MetroTV.

Apa itu project loon?

Project loon menghubungkan daerah terpencil yang tidak tercover oleh internet. Dengan adanya project loon bisa menghubungkan kita dengan orang-orang di daerah pedesaan dan terpencil. Tidak hanya itu, project loon mampu membuat kita online setelah terjadi bencana.

Bagaimana cara kerja project loon?

Ada dua cara kerja project loon yaitu :

  • Pertama, project loon balloon dari google akan berada di ketinggian 20 km diatas permukaan bumi. Kalau dilihat dari ilustrasinya diatas rute penerbangan pesawat komersil. Pada lapisan stratosfer bumi.

Loon akan bergerak sesuai arah angin yang bergerak di lapisan stratosfer. Angin yang bertingkat di startosfer, kecepatan dan arah yang bervariasi. Akan dikendalikan oleh perangkat lunak yang dibawa oleh project loon.

Dengan adanya perangkat lunak tersebut akan mengendalikan baloon google. Mengarahkan balloon google untuk bergerak sesuai arah mata angin yang benar. Sehingga ballon dapat diatur untuk membuat satu jaringan komunikasi yang besar.

  • Kedua, Dengan berada di ruang ketinggian 10 – 60 km. Membawa keuntungan untuk balloon google dimana atmosfer yang tipis akan melindungi dari sinar UV. Terlindungi dari perubahan suhu dramatis yang dapat mencapai -80°C.

Dengan berada di stratosfer, project loon mampu mendapatkan hembusan angin yang stabil. Maka akan jauh dari cuaca, satwa liar dan pesawat terbang.

Kapan dan dimana project loon dimulai?

Uji coba project loon pada bulan juni 2013, jumlah ballon yang diluncurkan pada waktu itu berjumlah 30 ballon. Peluncuran dilakukan di Selandia Baru Pulau Selatan. Kedepannya akan terus bertambah untuk meningkatkan jaringan internet. Di daerah daerah yang sulit dijangkau oleh internet biasa.

Terus, kapan di Indonesia ?

Project Loon di Indonesia – Balloon Google

Menurut informasi yang saya peroleh, project loon di Indonesia akan mulai di tahun 2016. Ballon google akan bekerja sama dengan 3 provider besar di Indonesia yaitu Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredo.

Kapan waktu pastinya? belum ada info yang pasti. Karena belum ada surat perijinana yang keluar dari menkominfo. Kalau menurut Anda, misalkan sebagai penduduk Indonesia pedesaan dan terpencil. Apakah Anda setuju dengan adanya kehadiran Project Loon di Indonesia?

Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *