Be Carefully used Social Media

sosialMulutmu harimaumu, peribahasa yang cocok untuk mengungkapkan perilaku kita dan efek sampingnya (sebab akibat). Sedikit berkurang memang dengan kejadian aktual yang terjadi di kehidupan nyata. Dengan adanya perkembangan teknologi telekomunikasi yang semakin mutakhir dan serba canggih, kini bahasa dengan pengucapan secara verbal sudah mulai berkurang bahkan hampir ditinggalkan di kehidupan sosial masyarakat.

Coba lihat sekeliling kamu jika sedang berada di tempat publik, misal terminal, stasiun, bandara atau tempat tempat umum lainnya. Kamu juga boleh lihat temen-temen kamu saat ngumpul, amati sejenak. Apa yang mereka lakukan? 7 dari 10 orang yang kamu lihat, mereka sibuk dengan gadget masing-masing. Mereka lebih asyik dengan dunianya, sebagian besar dari mereka ada yang main game online, chatting dan yang lebih banyak dari mereka menggunakan social media untuk update status.

Dengan berkembangnya teknologi telekomunikasi, pemerintah pun mengimbanginya dengan undang-undang informasi dan transaksi elektronik. Sudah ada beberapa orang yang terjerat undang-undang it ini. Dan beritanya pun cepat menyebar melalui berita tv nasional, social media dan situs berita online. Awal mulanya saya sendiri pun tak percaya akan adanya tindakan yang akan terjadi secara hukum apabila ada pelanggaran undang-undang it. Kalau kasus yang diberitakan di tv ataupun media online lainnya mungkin sudah basi dan dah pada tahu.

Kini saya akan mengungkapkan kejadian nyata ditempat saya bekerja tentang pelanggaran uu it. Awalnya bermula dari gambar pabrik kaleng kebakaran, masih ingat kan? beritanya beberapa hari yang lalu? Ya, gara-gara gambar pabrik kaleng kebakaran salah satu rekan kerja kami harus memilih 2 opsi yang sama-sama berat. Opsi tersebut adalah : 1. mengundurkan diri atau 2. dilaporkan polisi? Nah pusing ga tuh? Kalo kamu pilih yang mana?

Sebenarnya gambar tidak bermasalah akan tetapi isi text status gambarnya yang bermasalah. mengandung sara, fitnah ataupun pencemaran nama baik. oleh karena itu, hati-hatilah menggunakan social media dan lebih bijak menggunakannya. Sekarang bukan mulutmu harimaumu namun Statusmu Harimaumu.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *