11753528_1115677605112667_1254540005_o

Cara Antisipasi Smartphone atau Android Lowbat

Sudah beberapa hari tidak update postingan artikel, kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara antisipasi smartphone atau android lowbat. Apalagi sedang melakukan perjalanan jauh dan harus tetap perlu terkoneksi dengan orang lain. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan smartphone atau android Anda mudah lowbat. Bisa disebabkan oleh perangkat tersebut atau pengaruh external.

Penyebab dari perangkat misalnya : kapasitas battery memang kecil tidak sesuai dengan layarnya yang lebar. Membutuhkan daya tahan yang lebih lama, bisa juga karena sinyal jaringan provider yang digunakan untuk internet sering menghilang. Sehingga perangkat smartphone atau android Anda harus kerja keras loading  mencari sinyal agar tetap terkoneksi dengan internet.

Penyebab external misalnya sering digunakan untuk main game, dengerin musik, online social media dan lain sebagainya yang menyebabkan cepat lowbat. Untuk penyebab eksternal kita bisa sepenuhnya mengendalikan langsung. Karena tergantung bagaimana kita menggunakan smartphone atau android yang kita miliki. Yang sulit untuk kita kendalikan adalah penyebab dari internal.

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebab yang menyebabkan lowbat, maka saya akan mencoba memberikan tutorial bagaina cara mengantisipasinya. Berikut ini beberapa cara antisipasi yang bisa kita lakuakan yaitu :

  1. Apabila kapasitas battery kecil atau tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka kita bisa membeli power bank untuk charger saat dalam perjalanan.
  2. Usahakan kabel usb bisa digunakan dengan baik jika memiliki power bank dan membawa charger. Seperti yang saya alami kemarin saat mudik, karena tidak punya powerbank. Saat lowbat terus mati, yasudah pasrah kecuali Anda mampir ke tempat-tempat yang menyediakan stop contact untuk menambah daya battery. Jika kabel usb rusak percuma kan ga bisa charger menggunakan powerbank maupun charger manual.
  3. Jika Anda suka ngegame dan musikan melalui smartphone atau android. Puasa dulu sejenak agar tidak mudah lowbat.
  4. Matikan jaringaan internet data agar tidak loading mencari sinyal data. Hal itu bisa menghemat battery, karena saat loading atau searching sinyal membutuhkan energi battery. Pengalaman kemarin saya saat balik ke jakarta menggunakan android samsung grand duos. Battery 32 % bisa bertahan dijakarta masih sisa 5%.
  5. Gunakan call dan sms saja. Hindari penggunaan social media yang membutuhkan jaringan internet. Karena kekuatansinyal  jaringan internet tiap daerah berbeda. Jika jaringan lemah maka akan menguras battery saat loading.

Mungkin itu saja yang bisa sampaikan, jika ada uyang ingin menambahkan silakan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca setia rodinsaputra.com|Lukulo Media.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *