Potensi Pariwisata Pantai Laguna Lembupurwo

Gambar hasil jepretan kawan dari Kebumen Timur.

Kebumen diberi anugrah memiliki garis pantai sepanjang perbatasn sebelah selatan kota Kebumen. Dari ujung barat hingga ujung timur bagian selatan terhampar pantai yang indah, kadang ada gundukan pegunungan yang memperindah pemandangan laut di ujung barat.

Bagian tengah selatan Kebumen terhampar pantai luas dengan debur ombak yang kencang memanjakan mata kita untuk melihat gulungan ombak. Semakin anda berjalan ke timur Kebumen maka akan menemukan pantai yang cantik lengkap dengan berbagai view untuk memanjakan mata. Pantai yang ditanami pinus menjulang tinggi, pohon bakau untuk menahan abrasi dan laguna hampir mirip danau.

Serta gundukan pasir yang mengelilingi teluk yang disebut dengan Laguna Pantai Lembupurwo. Hal itu yang menyebabkan tiap liburan lebaran tiba (liburan hari Raya Idul Fitri), warga Kebumen bagian barat dan warga Purworejo berbondong-bondong berwisata ke pantai tersebut.

Konon cerita teman chating saya, menyatakan bahwa hal itu adalah dampak positif dari kebijakan pelebaran kali di daerah tersebut oleh Mantan Bupati Kebumen Ibu Rustriningsih. Ada turut campur pula penanaman pinus serta pohon bakau dari mahasiswa/wi Universitas Gajah Mada. Dengan demikian membuat pantai hijau tahan abrasi, yang konon ceritanya banjir akibat pelebaran kali menyuburkan tanah area muara sungai dan laguna.

Apakah anda berminat untuk mengunjungi Laguna Pantai Lemburwo? Anda bisa mengunjunginya di desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Namun sayangnya, menurut teman saya, belum ada trayek kendaraan umum yang melintasi daerah tersebut. Jadi anda bisa menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi.

“Atau anda ingin menjadi investor untuk mengelolanya? Silakan hubungi Pemerintahan Kabupaten Kebumen.”

Semoga Kabupaten Kebumen mampu bangkit dari cap kabupaten termiskin no : 2 di Propinsi Jawa Tengah dengan mengandalkan ekonomi dari sektor pariwisata

 

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *