Penjelasan Mengapa Pak Jusuf Kalla Tidak Hormat Bendera

Pak Jusuf Kalla Tidak Hormat Bendera saat upacara menaikan bendera, apakah hal itu dibenarkan? Tapi tunggu dulu, lihat di kanan kiri Pak Jusuf Kalla… ada juga yang tidak hormat bendera. Mungkin karena mereka tidak begitu dikenal oleh netizen jadinya tidak disebutkan namanya. Sedangkan Presiden¬† Joko Widodo saja hormat kepada bendera yang selaku inspektur upacara.

Lihat cuitan berikut ini :

pasal 20 tentang penghormatan upacar

Dalam   Pasal 20 dijelaskan bahwa :

Pada waktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai. Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu. Mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan meletakkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, sorban, dan kudung atau topi wanita yang dipakai menurut agama atau adat istiadat.

Dengan adanya aturan tersebut, apakah Pak Jusuf Kalla termasuk orang yang berpakaian seragam dan dari organisasi tertentu?

lihat lagi gambar yang satu ini :

foto perbandingan

Pak Jusuf Kalla tidak salah, di undang-undang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan tahun 2009, orang sipil tidak ada kewajiban untuk hormat ala militer, cukup berdiri tegak dan sikap khidmat. Terus di PP 48/50, bagi mereka yang tidak berseragam, maka sikap hormat pada saat pengibaran Sang Merah Putih adalah meluruskan lengan ke bawah sambil menghadapkan muka kepada bendera.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *