Saatnya Menjadi Suporter Sehat

suportApa bedanya fans dan suporter ya? Adakah yang tahu? kalau gada yang tahu, kita cari di mbah google aja.  Eng ing eng, akhirnya nemu juga apa itu arti fans dan suporter untuk memperjelas perbedaannya. Mari kita bahas bersama-sama secara gamblang agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara kita. Pengertian fans berarti mnyukai sesuatu dan secara antusias ingin memiliki, misal saya seorang fans Barcelona.

Maka saya akan berusaha untuk mengetahui semua tentang Barcelona. Saya mengumpulkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Barcelona. Baik negara, sejarah, pemain, club, dan info lainnya saya berusaha mencari serta mendapatkannya. Atribut-atribut barcelona pun tak ketinggalan untuk dikoleksi secara pribadi. Lalu bagaimana dengan suporter…? Kata suporter sendiri diadopsi dari kata “supporter“. Kata aslinya “support” yang berarti dukungan, jika ditambahkan “-er” menjadi “supporter” yang berarti pendukung.

Lalu dimana letak perbedaannya antara fans dan suporter. Kalo dilihat dari katanya kita terjemahkan lagi sebagai berikut : misal fans sepak bola hanya akan merasa senag jika tim kesayangannya memenangkan sebuah pertandingan. Jika tim kesayangannya kalah maka dia akan kecewa dan tak tanggung tanggung akan menghina tim kesayangannya sendiri. Menyalahkan pemain, bahkan mungkin menyalahkan pelatihnya (apakah anda pernah mengalami hal seperti itu?). Boleh kecewa tetapi tak perlu sampai mengumpat pemain atau pelatih.

Suporter yang bener-bener suporter akan memberikan suportnya kepada tim kesayangannya dalam keadaan menang ataupun kalah. Dia akan rela hadir di stadion untuk mendukung tim kesayangannya. Dia akan menerima kemenangan dengan senang hati, tetapi dia juga bersedia tetep support meskipun tim yang didukung mendaptkan hasil yang terburuk. Tidak perlu mengumpat, kalau perlu malah akan mendoakan tim yang didukung agar bangkit dan tetep semangat.

Lalu apa yang dimaksud suporter sehat? tadi pagi saya merasa sedih, bukan karena tim kesayangan kalah tetapi karena melihat suporter yang ngamuk di solo dan di bandung. Pesan buat temen-temen di seluruh nusantara, yuk kita belajar menerima kemenangan dan kekalahan tim kesayangan kita dengan lapang dada. Kalau temen-temen bobotoh di bandung ribut karena saling ejek yang kemungkinan ada yang mabuk hingga tak terima dan terjadi baku hantam. Suporter sehat menurut hemat saya, kita mampu menjadi pendukung yang legowo dan jangan mudah tersinggung, hindari miras saat berada di ruang publik seperti stadion dengan harapan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Harapan penulis, nantinya kita mampu menempatkan posisi kita sebagaimana mestinya sebagai suporter yang sehat. Sae no Tawuran Sae No Miras, Suporter Sehat Yes.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *