Resiko Pecandu Rokok

rokokRokok sudah tidak asing lagi bagi kita semua, namun apakah anda tahu jika sebenarnya rokok awal mulanya bagaimana? Yuk, kita sedikit membahas mengenai rokok dan bagaimana rokok bisa menjadi kebiasaan yang tak tertinggalkan.

Rokok pertama kali dihisap oleh suku bangsa indian di Amerika untuk keperluan memuja dewa atau roh. Rokok mulai dikenal bangsa eropa semenjak abad 16 saat sebagian para penjelajah eropa menemukan benua Amerika. Mereka ikut-ikutan menghisap rokok seperti suku bangsa Indian di benua Amerika.

Mereka membawa pula tembakau ke benua eropa untuk di jadikan rokok bagi para kaum bangsawan. Perbedaan penggunaan rokok antara suku Indian dan banngsawan eropa adalah jika suku Indian menghisap rokok untuk memuja sedangkan bangsawan eropa menghisap rokok hanya untuk bersenang-senang. Apakah anda termasuk golongan seperti bangsawan eropa? jika iya, saya sarankan untuk segera berhenti merokok karena kesengan anda tak sebanding dengan resiko pecandu rokok.

Berlanjut ke cerita sejarah rokok, pada abad ke 17 para pedagang spanyol masuk ke negara Turki maka mulailah negara-negara islam ikut menghisap rokok. Lalu apa manfaat daripada merokok? mungkin banyak jawaban ataupun alasan yang bisa anda jelaskan disini namun jikalau tak ada manfaatnya selain hanya untuk senang-senang maka anda termasuk orang yang merugi.

Mengapa anda termasuk orang yang merugi? karena kandungan zat kimia yang terkandung dalam rokok sangatlah berbahaya. Bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti : penyakit jantung, hypertensi, kanker paru-paru dan masih banyak lagi potensi penyakit lainnya yang bisa ditimbulkan oleh rokok. Apakah anda siap untuk menerima resiko pecandu rokok? Jika belum siap segeralah berhenti merokok demi masa depan kesehatan anda.

Bagaimana untuk menanggulangi resiko pecandu rokok :

  • Hindari rokok, jika anda belum sama sekali mencoba untuk menghisap rokok. Janganlah untuk mencoba-cobanya karena jika sekalinya anda suka dengan rokok maka anda akan menjadi ketagihan.
  • Jika anda pecandu rokok, hindarilah menghisap rokok di depan saudara, keluaraga ataupun di sarana umum seperti terminal misalnya. Karena yang bakal menerima resikonya ttidak hanya anda yang menjadi perokok aktif. Akan tetapi orang-orang di sekitar anda yang secara tidak langsung menghisap asap rokok anda menjadi perokok pasif bisa mendapat resiko yang yang diterima oleh perokok aktif.
  • Jika anda ingin berhenti merokok, mulailah berhenti dari sekarang. Cobalah untuk mengganti kebiasaan anda merokok dengan kebiasaan baru yang lebih menyehatkan badan. Misal saat anda pengin ngrokok cobalah untuk mengemil makanan atau menghisap permen.
  • Jangan sekali-kali anda mengenalkan ataupun mengajarkan menghisap roko kepada anak anda.

Mungkin itu saja yang bisa sampaikan untuk mencoba berhenti dan menghindari kebiasaan menghisap rokok. Karena tidak ada manfaat yang besar dibalik hisapan rokok kecuali racun zat kimia yang terdapat didalamnya. Jangan sampai anda menjadi pecandu rokok serta menerima resiko pecandu rokok.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *