Mengapa dan Ada Apa dengan BPJS?

bpjs?

Saya pribadi adalah peserta bpjs yang termasuk menerima upah dari sebuah perusahaan swasta. Saya pribadi awalnya bangga dan senang dengan hadirnya bpjs yang mampu membantu orang tidak mampu untuk menerima jaminan kesehatan dari pemerintah. Saya acungkan jempol untuk visi misi bpjs yang begitu bagus dan menjadi harapan yang baik untuk masyarakat luas di indonesia.

Manfaat yang diperoleh dari bpjs pun begitu bagus dan dapat menjanjikan, serta perawatan rawat inap sesuai dengan iuran yang dibayarkan oleh peserta. Akan tetapi memang benar adanya dengan peribahasa yang menyatakan “TIADA GADING YANG TAK RETAK”. Maksud dari peribahasa tersebut dalam pelayanan bpjs ini menurut saya ada yang perlu di evaluasi dan dibenahi jika ada kekeliruan ataupun tidak mencapai visi misi dan manfaat yang di tawarkan oleh bpjs.

Banyak cerita dari temen-temen saya melalui sosial media mengenai keluhan pelayanan bpjs yang buruk. Termasuk saya pun pernah mengalami dengan keterbatasan fasilitas kesehatan. Ada sebuah klinik yang membatasi peserta bpjs hanya diberi waktu 30 menit (pendaftaran dari jam 16:00 – 16:30 ) untuk mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan bpjs. Menurut saya itu sangat mengecewakan bagi saya pribadi karena saya ikut bpjs pun membayar iuran.

Keluhan yang terbaru yang dialami oleh temen saya pada saat anakanya mengalami keluhan kencing yang tidak wajar. Air kencing anaknya berwarna kuning tua, kemudian si ibu anak memeriksakan ke klinik yang bekerjasama dengan bpsjs. Dokter memberi surat rujukan cek darah dan resep obat untuk ditebus sendiri ke apotek (baca : obat bayar sendiri). Setelah obat ditebus dan periksa darah, hasilnya tes darah dibaca dokter. Kata dokter hasilnya gejala types, kemudian dokter memberi resep obat lagi untuk ditebus ke apotek (baca : obat bayar sendiri)

Yang jadi pertanyaan saya, “MANFAAT BPJS NYA DIMANA?” Apa yang salah? visi misi bagus tapi kok pelayanan aktualnya begitu… manfaat yang ditawarkan pun bagus banget salah satunya memberikan obat. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Ada apa dengan Bpjs? Jika ada sistem yang salah semoga segera diperbaiki! Mungkin itu salah satu harapan dari kami sebagai peserta bpjs.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *