Fungsi Plat Tambahan di Tabung Gas 3 Kg

Karena rasa penasaran saya mengenai plat tambahan di tabung gas 3 kg, saya langsung menanyakan ke pihak pertamina langsung. Mulai bertanya di email, facebook dan twitter. Berikut ini pertanyaan saya beserta video ilustrasinya :

Mohon penjelasan, saya tidak memahami fungsi plat tambahan di tabung gas 3 kg.
https://youtu.be/zTdDqzq6e2M
Apa Fungsi Plat Tambahan di Tabung Gas 3 Kg

Jawaban Penjelasan dari Pertamina “Apa Fungsi Plat Tambahan di Tabung Gas 3 Kg” melaui email :

Jakarta, 14 Januari 2016                No. ID: 1200210128

Yth. Bapak Rodin Saputra,

Terima kasih atas E-mail Bapak Rodin Saputra kepada pcc@pertamina.com. Saya Tia akan membantu menjawab E-mail dari Bapak pada tanggal 14  Januari 2016 mengenai lempeng tabung elpiji 3 kg.

Dapat kami sampaikan untuk perihal lempeng yang terdapat di tabung elpiji 3 kg adalah plat balancer maka dapat kami sampaikan bahwa plat balancer dipasang pada saat Re Sertifikasi untuk mengkalibrasi berat tabung sehingga berat tabung sesuai dengan berat kosong yang tertera pada tabung.  Berikut untuk  penjelasannya:

1. Tabung LPG 3 kg memiliki berat kosong : 5 kg, masa edar tabung LPG 3 kg adalah 5 tahun. Informasi tersebut tertera pada tabung LPG 3 kg.

2. Apabila masa edar sudah mencapai 5 tahun maka tabung ditarik untuk dilakukan pengetesan ulang dan dilakukan Re Sertifikasi Kelayakan Edar terhadap Tabung LPG 3 kg.

3. Tabung LPG 3 kg termasuk kategori Bejana Tekan dan untuk proses Re Sertifikasi dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja.

4. Dinas Tenaga Kerja merupakan Instansi yang memiliki kewenangan dalam pengawasan Bejana Tekan dan mengeluarkan Sertifikasi Kelayakan Edar Tabung

5. Salah satu tahapan dalam proses pengetesan ulang dan Re Sertifikasi Bejana Tekan, tabung LPG 3 kg kondisi kosong dikalibrasi berat kosongnya. Ada 2 kondisi :
a. Apabila berat tabung kosong dibawah 5 kg dan diluar range toleransi maka tabung LPG 3 kg akan di tarik dan tidak diedarkan kembali
b. Apabila berat tabung kosong dibawah 5 kg namun masih didalam range maka dilakukan kalibrasi dengan menambahkan plat balancer.
Apabila Tabung yang sudah dikalibrasi memenuhi ketentuan lainnya yang dipersyaratkan oleh Dinas Tenaga Kerja maka tabung tersebut
akan diedarkan kembali selama 5 tahun.

6. Tabung LPG 3 kg kondisi kosong yang sudah Layak Edar dan mendapat Sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja akan dikirim ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji untuk dilakukan pengisian.

7. Dengan Tabung LPG 3 kg yang memiliki berat kosong presisi 5 kg maka proses pengisian LPG ke dalam tabung menjadi lebih akurat dan tidak merugikan Konsumen

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan Bapak Rodin Saputra menghubungi Contact Pertamina – layanan 24 Jam melalui telepon dengan nomor (021) 500 000 (All cities in Indonesia), E-mail pcc@pertamina.com, atau kunjungi website kami di www.pertamina.com

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak Rodin Saputra kami ucapkan terima kasih.

Salam Hormat,

Tia
Staff E-mail CONTACT PERTAMINA

Jawaban Penjelasan dari Pertamina “Apa Fungsi Plat Tambahan di Tabung Gas 3 Kg” melaui inbox facebook :

Hai sobat. Plat tambahan atau yang biasa disebut balancer adalah besi tambahan untuk menyeimbangkan berat tabung. Jadi, setiap 5 tahun sekali tabung-tabung LPG semua di uji ulang (resertifikasi) dan apabila terdapat ada tabung yang beratnya kurang dari 5 kg, maka akan ditambahkan plat besi tersebut. Hal tersebut dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja. Dinas Tenaga Kerja merupakan Instansi yang memiliki kewenangan dalam pengawasan Bejana Tekan dan mengeluarkan Sertifikasi Kelayakan Edar Tabung. Tabung LPG 3 kg kondisi kosong yang sudah Layak Edar dan mendapat Sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja akan dikirim ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji untuk dilakukan pengisian.

Terimakasih penjelasannya, semoga dengan adanya penjelasan tersebut bisa menjelaskan kepada orang. Yang belum tahu. Terutama saya pribadi

Hai sobat. Terima kasih kembali. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk dan jasa di Pertamina juga dapat menghubungi Layanan Contact Pertamina 1 500 000.

Itulah penjelasan dari pihak pertamina mengenai plat tambahan yang ada di tabung gas 3 Kg.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

One thought on “Fungsi Plat Tambahan di Tabung Gas 3 Kg”

  1. Terkait Fungsi Plat tambahan pada tabung LPG 3 kg dimana instansi yang memiliki wewenang dalam pengawasan Bejana Tekan dan mengeluarkan sertifikasi kelayakan edar tabung adalah Dinas Tenaga Kerja.

    Yang di pertanyaan saya, posisi Pertamina pada tahapan ini dimana / sebagai apa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *