Prioritas Penunjang Bisnis

PRIORITASAda banyak hal yang dibutuhkan dalam menunjang sebuah bisnis, baik online maupun secara ofline. Namun kita harus pintar-pintar untuk memilih dan memilah prioritas yang harus diutamakan terlebih dahulu. Jangan gegabah dalam merancang sebuah bisnis yang anda idam-idamkan. Karena saat kita memutuskan untuk memulai bisnis baru, membutuhkan modal awal yang cukup lumayan besar. Perlu mengadakan riset terlebih dahulu agar mendapatkan konsumen dan segmentasi yang yang cocok dengan produk yang kita tawarkan.

Pada umumnya, produk pertama kita yang baru diproduksi harganya sangatlah mahal apalagi jika ditunjang dengan teknologi yang canggih dan menggunakan sdm yang ahli dalam bidangnya. Dari menentukan harga produk, kita harus pintar-pintar memilih metode dalam produksi. Akan melakukan pre order atau stock, untuk pemula saya menyarankan untuk menjual produknya secara pre order. Kenapa demikian? karena apabila kita melakukan stock akan mengalami penumpukan barang. Yang berimbas kepada duit / modal kita menjadi mandeg tidak berputar, bisa juga menimbulkan kerusakan barang karena terlalu lama disimpan.

Lalu apa hubungannya produksi, sdm, riset, teknologi denganĀ  prioritas? Hubungannya sangatlah erat karena mereka saling bersinggungan dan menentukan kualitas produk dan harga produk. Kita harus pandai menentukan pilihan utama yang menjadi prioritas kemudian baru menentukan pilihan berikutnnya demi kelancaran produksi. Semisal yang paling sering dialami : berapa jumlah produk yang kita produksi dalam 1 periode penjualan. Jumlah produksi yang berlebihan dapat menimbulkan stock berlebihan dan menimbulkan dana mandeg. Sdm yang kita pilih untuk tenaga produksi, managemen dan lain-lainnya demi kelangsungan bisnis. Harus menggunakan tenaga ahli atau cukup dengan tenaga amatir yang mampu menangani produk.

Teknologi yang digunakan dalam produksi ataupun teknologi pemasaran harus bisa memilih yang cocok dengan kualitas-harga dan keuntungan. Apakah anda sudah menentukan prioritas anda saat ini? Cobalah untuk di review kembali bisnis anda ataupun dalam kehidupan anda sendiri. Untuk mengontrol dana yang anda gunakan untuk mengindari kebangkrutan demi efisiensi yang sehat dan tidak memaksakan diri.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *