Menciptakan Sistem Pemerintahan Kebumen Bebas Pungli

Selamat pagi para pembaca setia Lukulo Media,

Pagi ini saya akan membagikan pengalaman pribadi saya saat datang ke Samsat jakarta Barat untuk membayar pajak kendaraan bermotor dan mengganti plat nomor. Untuk mengganti plat nomor dengan yang baru setiap lima tahun sekali harus membawa kendaraan tersebut ke Samsat Jakarta Barat. Ada dua hal menarik saat saya masuk ke area samsat yaitu :

  1. Bagi yang tidak perpanjang masa berlaku stnk / ganti plat bisa langsung ngatri drive trhu seperti ngantri makanan di dekat gerbang pintu masuk. Karena saya harus perpanjang stnk dan ganti plat nomor maka saya hatrus cek fisik dan masuk ke area cek fisik serta masuk ke gedung untuk ambil formulir. Bagi yang antri drive thu tidak perlu formulir cukup membawa STNK, BPKB dan KTP yang asli.
  2. Saya melihat spanduk terpampang di depan ruang administrasi pengambilan formulir cek fisik yang berbunyi seperti gambar di bawah ini:

    anti pungli
    Lokasi pengambilan gambar : Samsat Jakarta Barat

Itu dua hal yang membuat saya senang dan bangga terhadap pelayanan Samsat Jakarta Barat. Pada saat cek fisik dan mengambil formulir terbukti 100% tanpa pungli, semakin melebarkan senyum saya karena masih ada instansi yang mau bersih.

Karena saya pernah mengalami hal buruk di kampung saya saat ke samsat, ada dua pungli terjadi. Barangkali temen-temen pernah ada yang mengalami hal yang sama. Karena waktu di kampung banyak sekali yang mengeluh “Cek fisik ko bayar 40ribu, perpanjang stnk ko bayar 30-35 ribu (kutipan cletukan para bapak-bapak yang bayar pajak dan perpanjang stnk-januari 2015)”

Tinggalkan budaya pungli di kampung sejenak, kita kembali ke topik samsat jakarta barat yang 100% tanpa pungli. Saat masuk ambil formulir untuk membayar pajak serta perpanjang stnk dan ganti plat nomor. Saya melihat banner besar terpampang di setiap sudut ruangan dan tepat disamping kanan kiri, bawah, depan kasir pembayaran administrasi yang berisi jika ada pungli laporkan ke nomor 081236896888.

Di banner tersebut pun dijelaskan cara pengaduannya, dari sebut lokasi, nama dan jabatan. Semoga hal ini bisa menginspirasi kota-kota lainnya. Termasuk kota tercinta Kota Kebumen.sebut

Apakah hal tersebut bisa diterapkan di bagian-bagian admnistrasi lainnya yang berada di Kota Seluruh Indonesia?

Anda jujur dan tidak pungli membuat anda mulia, Apakah Anda bisa hidup tanpa pungli?

 

 

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *