BELAJAR SEO gratis

Cara Mudah dan Cepat Belajar SEO Gratis

Cara Mudah dan Cepat Belajar SEO Gratis adalah hal nyata tanpa harus mengeluarkan biaya. Anda hanya membutuhkan biaya internet untuk belajar di google.

Sudah banyak blogger yang membahas tentang belajar SEO. Sebagai blogger Internet Marketer, Saya juga tertarik untuk belajar SEO. Terus mengasah kemampuan menulis agar bisa SEO On Page.

Bagi pemburu $ di internet, belajar SEO sangatlah penting. Tetapi tidak berlaku bagi pebisnis yang ingin mendapatkan uang dengan cepat. Teman – teman saya di grub facebook juga menyampingkan SEO. Mereka lebih memilih menggunakan tool yang dibuat oleh master koding.

Tool tersebut seperti auto backlink yang diperoleh secara brutal. Apakah itu aman atau tidak? hanya mereka yang tahu. Tapi yasudahlah, kita lupakan auto baclink atau apa itu namanya. Pada intinya mendatangkan traffik tidak secara organik.

Beruntung bagi Anda yang sedang belajar SEO dan menemukan artikel ini. Karena kita akan belajar SEO dengan “cara mudah dan cepat belajar SEO gratis”.

Langsung saja ke TKP :

Cara Mudah dan Cepat Belajar SEO Gratis

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari search engine optimization yang berguna untuk mengoptimalkan web kita. Tujuan utamnya mendatangkan traffik sebanyak mungkin dari hasil pencarian organik di google. Semakin baik SEO Anda semakin mudah tembus halaman pertama pencarian google.

Jangan takut untuk belajar SEO, karena dulu saya juga tidak bisa. Buktinya, lihat tulisan ini : Belajar SEO part 1 Bersama Lukulo Media. Betapa cupunya diriku saat menulis artikel tersebut. Dengan kemampuan SEO yang sangat Cetek dan begitu bingungnya pada saat itu.

Dengan seiringnya waktu, saya belajar dari banyak suhu blogger. Karena ingin belajar SEO gratis, saya menggunakan google untuk mencari infonya. Alhasil menemukan beberapa sajian informasi di halaman pertama pencarian google. Anda juga bisa membaca tutorialnya disini : Belajar SEO.

Kenapa harus belajar SEO?

Alasan pertama, Sebenarnya jawabanya sangatlah simple : “Tidak harus belajar SEO“. Padahal sudah ada iklan di google adwords, facebook ads dan viral marketing. Tetapi tidak semua orang bisa mengeluarkan biaya untuk promosi atau iklan.

Misalkan blogger pemula, tidak mungkin kan? Dia akan mau mengeluarkan uang hanya untuk promosi. Kecuali untuk bisniman yang sudah punya backup dana yang kuat. Sebagai contoh misalkan saya ingin menjadi blogger.

Pas diawal-awal, saya sendiri memilih untuk mencari gratisan. Kalau ga percaya cek aja teman-teman Anda. Atau mungkin Anda sendiri juga mencari yang gratisan. Membuat blog menggunakan blogger dan wordpress.

Tidak hanya itu, Anda bisa mencoba menggunakan CMS atau open sources lainnya yang gratis. Setelah memiliki blog, Anda perlu yang namanya optimalisasi blog / web. Sebagian dari kita, masih banyak yang punya waktu untuk promoin blog di sosial media.

Ada juga yang saling blogwalking di grup facebook. Untuk yang males belajar seo, menggunakan tool seo (hitam atau putih > Anda sendiri yang menentukan). Sampai kapan Anda akan meluangkan waktu untuk promo?

Untuk blogger biasa, sebenarnya tidak perlu belajar SEO. Karena tujuan blogger kan tidak hanya mencari uang saja. Misalkan hanya untuk menulis diary, berbagi informasi dan bukan orientasi uang di internet.

Berbeda dengan saya, yang awalnya menggunakan blogger dan wordpress gratisan. Mungkin tidak masalah jika tidak menghasilkan uang dari blog. Tetapi yang jadi masalah ketika saya harus pindah ke wordpress.org. Dengan menggunakan self hosting, saya membutuhkan biaya.

Ya tentu saja, self hosting harus sewa hosting berbayar. Saya harus bisa menutupi biaya sewa hosting dan tidak lupa juga biaya internet. Setelah itu, kalau dipikir-pikir. Kita berada di depan komputer dengan durasi waktu berjam-jam.

Kalau tidak menghasilkan uang buat apa? Apa iya kamu rela? waktumu tersita untuk kegiatan yang tidak menhasilkan apa-apa? Anda bisa jawab sendiri di dalam hati Anda atau komen di kolom komentar.

Alasan pertama kenapa harus belajar SEO sudah terjawab. Alasan kedua : long term (kuat, panjang, tahan lama). Jangan berfikir negaif dulu ya, itu adalah kata positif yang bisa membuat Anda makin senang untuk belajar SEO.

Anda bisa bertahan berada di halaman pertama pencarian google dalam waktu yang lama. Itulah maksud dari long term, dengan demikian berakibat pada traffik yang stabil. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin optimalkan web secara gratis.

Alasan ketiga, peminatnya sedikit. Tidak semua oarang mau menggeluti SEO. Sedikit cerita dari grup facebook blogger. Ada sebagian blogger yang lebih memilih menggunakan tool auto backlink. Dibanding harus menggunakan SEO, karena efeknya yang jangka panjang.

Lalu? Bagaimana Cara Mudah dan Cepat Belajar SEO Gratis

Caranya memang mudah. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara optimalisasi web dengan SEO. SEO ada dua jenis yaitu :

  1. SEO On Page. teknik-teknik SEO yang optimalisasinya berfokus pada hal-hal dari dalam web kita.
  2. SEO Off Page. teknik-teknik SEO yang optimalisasinya berfokus pada hal-hal dari luar web kita.

Sedikit pengenalan SEO On Page

  • Optimalisasi nama website, deskripsi dan meta keyword. Supaya nama website Anda bisa muncul di halaman pertama google. Usahakan nama website Anda mengandung kata kunci yang menjadi target Anda di google.

Selain di nama web, usahakan di deskripsi dan meta keyword mengandung kata kunci yang Anda targetkan.

  • Optimalisasi judul artikel, Anda juga bisa mengoptimalkan judul artikel. Maksudnya didalam judul artikel terdapat kata kunci yang ditargetkan.

Contoh : Cara Bayar IndiHome via ATM.

Kata kunci yang saya targetkan “cara bayar indihome”. Karena di dalam judul artikel terdapat kata kunci yang saya targetkan. Dianggapnya oleh google relevan, maka posisinya bisa lebih optimal. Bahkan bisa rangking 1.

 

  • Optimalisasi alamat url artikel, penerapan optimalisasi alamat url. Sama persis seperti penerapan kata kunci di judul artikel. Pada artikel cara bayar indihome via atm. Ada kata kunci yang tercantum di url artikel yang saya tulis.

Yaitu : http://rodinsaputra.com/tutorial/carabayarindihome-via-atm/

Jika Anda lihat url diatas, maka terdapat kata kunci yang tertarget. Kata kunci tertarget tersebut adalah kata yang saya beri tanda wana font hijau.

  • Meningkatkan relevansi website. Maksudnya adalah kita harus sering menulis artikel dengan kata kunci yang kita targetkan. Jika kata kunci tertaget Anda adalah tentang internet marketing. Sering-seringlah update artikel tentang internet marketing.

Blogger sering mengenalnya denga niche. Anda pernah kan mendengar kata-kata itu. Kalau blog saya pribadi masih gado-gado alias campur aduk. Contoh lagi, misalkan Anda suka nulis artikel tentang otomotif. Maka sering-seringlah update artikel tentang otomotif.

  • Penulisan kata kunci yang tepat dan merata. Anda bisa sebar kata kunci tertarget Anda di artikel yang Anda tulis. Tempat untuk menyebar kata kunci diantaranya adalah di tempat tempat berikut :
  1. Judul artikel, seperti yang sudah dibahas diatas. Usahakan untuk judul menggunakan 35 – 65 karakter saja. Agar tidak terlalu panjang dan bisa menutupi nama blog Anda. Di hasil pencarian google.
  2. Url artikel, Anda bisa menggunakan link artikel hanya menggunakan slug kata kunci saja. Atau Anda juga bisa menggunakan secara keseluruhan judul
  3. Isi artikel, utamakan di paragraf pertama. Dan sebar secara acak di paragraf-paragraf berikutnya dengan proposional. Kata kunci tertarget pada artikel ini adalah “belajar seo gratis”. Anda bisa cek berapa jumlahnya di isi artikel.
  4. Heading 2 (bisa disebut sub judul). Contohnya kalimat : Cara Mudah dan Cepat Belajar SEO Gratis, yang tercetak tebal dan besar diatas.
  5. Deskripsi artikel, blogger bisa letakkan di meta deskripsi artikel. Meta deskripsi akan muncul di hasil pencarian google. Atau Anda bisa melihat saat artikel Anda di share sosial media.
  • Optimalisasi gambar di artikel, selain menggunakan gambar unik. Atau Anda bisa bikin sendiri dengan di edit. Jangan lupa sesuaikan nama gambar dan alternatif text mengandung kata kunci tertarget Anda. Lakukan hal ini pada setiap penulisan artikel Anda yang disertai gambar.

Apakah wajib menggunakan gambar? tidak wajib. Tetapi gambar membantu SEO On Page artikel Anda. Untuk bisa tembus di halaman pertama google.

  • Menurunkan bounce rate, untuk bounce rate. Nanti saya akan buatkan artikel khusus, kapan waktunya? ditunggu saja. Intinya bounce rate adalah tolak ukur seberapa lama pengunjung Anda berada di web Anda.

Penyebabnya banyak sekali, mulai dari tampilan template. Kualitas konten, pemilihan font dan informasi yang Anda sampaikan menarik atau tidak. Dan seberapa besar manfaat informasi yang Anda sampaikan.

Selanjutnya…

Sedikit pengenalan SEO Off Page

Kalau SEO On Page lebih fokus pada hal-hal yang ada di dalam web kita. Sedangkan SEO Off Page lebih fokus pada hal-hal yang diluar web kita. Inti dari optimalisasi SEO Off Page adalah memberikan backlink kepada web kita.

Apa itu backlink? backlink adalah tautan atau hubungan antar website. Website yang paling banyak mendapatkan backlink dari web lain. Semakin mudah masuk ke halaman pertama google. Karena di mata google, web yang mendapatkan banyak backlink dianggapnya sebuah rekomendasi.

Jadi ketika web Anda mendapat banyak backlink dari website lain. Dianggapnya oleh google, web Anda direkomendasikan oleh web lain. Intinya SEO Off Pge adalah memberikan backlink ke web kita dari web lain. Atau sering dikenal dengan Link Building.

Bagaimana Cara Link Building?

  • Menggunakan situs sosial bookmark
  • Backlink dari jejaring sosial media, Anda bisa bagikan artikel Anda di akun sosial media. Bisa di google+, facebook dan twitter.
  • Guest posting, menjadi penulis tamu di web orang lain.
  • Blogwalking
  • Backlink dari web-web lain.

=========

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel “Cara Mudah dan Cepat Belajar SEO Gratis” bermanfaat. Jika Anda mendapatkan manfaatnya silakan like share dan komen jika perlu.

+ Informasi Tambahan

Jika Anda punya akun google, silakan daftar google adwords, webmaster dan google analytic. Ketiga tool gratis dari google tersebut membantu web Anda lebih optimal.

  • Google adwords > untuk mendapatkan manfaat tool keyword planner.
  • Webmaster > untuk mendapatkan manfaat add url artikel Anda agar secara cepat terindeks google.
  • Google analytic > untuk membaca analitic / statistik blog Anda.

Google Adsense perlu ga?

Perlu, tapi nanti saja, yang penting web Anda optimal dulu dan traffik stabil.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

6 thoughts on “Cara Mudah dan Cepat Belajar SEO Gratis”

    1. kalau targetnya visitor, kenali calon pembaca nya siapa ? berikan konten serelevan mungkin dan apapun materinya sebenarnya tetep ada pengunjungnya. kalau masih sepi coba, bikin blog tutorial

  1. Gan blog saya kontennya puisi, cerpen, dan materi pelajaran bahasa indonesia. Saya pernah denger kalo niche ini “agak kurang”. Gimana pendapat agan tentang visitor blog kedepannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *