Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G LTE

Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G LTE (uSIM) sangatlah mudah.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial cara menukar sim card 3G Anda menjadi sim card 4G atau LTE. Tentu saja, kita sudah sama-sama tahu bahwa jaringan internet di Indonesia kini sudah diupgrade dari 3G menjadi 4g. Bagi Anda yang suka mengikuti perkembangan teknologi telekomunikasi, pasti tidak akan pernah ketinggalan informasi tentang 4G.

Di Indonesia, sudah ada beberapa operator telekomunikasi yang memberikan layanan 4G. Diantaranya adalah Bolt!, Indosat, Telkomsel, XL dan Smartfren. Namun pada kesempatan kali ini, saya hanya ingin membahas 3 operator terbesar di Indonesia terlebih dahulu, yaitu : Indosat, XL dan Telkomsel. Ketiga operator tersebut adalah operator telekomunikasi yang memiliki banyak pelanggan.

Oleh sebab itu, saya akan mencoba berusaha untuk memberikan tutorial “Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G. Tentu Anda sering melihat iklan penawaran internet cepat di jaringan 4g. Baik iklan di TV, spanduk, baleho dan lain sebagainya. Tetapi tidak semua orang tahu cara memanfaatkan atau menggunakan layanan internet cepat di jaringan 4G.

Bagaimana caranya agar bisa menikmati layanan internet cepat di jaringan 4G LTE ?

Ada tiga syarat utama yang harus terpenuhi saat Anda ingin menikmati layanan internet cepat di jaringan 4G LTE. Ketiga syarat tersebut harus terpenuhi dan tidak boleh ada satu yang tidak terpenuhi, yaitu :

  1. Smartphone / perangkat 4G LTE, Anda harus memiliki smartphone / handset yang sudah support 4G LTE. Jika smartphone Anda belum support 4G LTE, tentu saja tidak bisa menggunakan internet cepat 4G LTE.
  2. Sim Card 4G LTE, Anda harus memiliki sim card 4G LTE. Anda bisa membeli sim card 4G LTE atau menukar sim card 3G anda menjadi 4G LTE.
  3. Jaringan 4G LTE, Anda harus berada di area yang tercover atau tersambung dengan jaringan 4G LTE. Jika Anda tidak berada di area jaringan 4G LTE, tentu saja tidak bisa menikmati layanan internet cepat 4G LTE.

Untuk tambahan saja, jika ingin lebih hemat. Maka Anda harus berlangganan paket data atau paket internet 4G LTE.

Mari kita bahas satu persatu dari ketiga syarat utama tadi, jika ingin menikmati layanan internet cepat di jarinbgan 4G LTE.

Smartphone / perangkat yang support 4G LTE …

Sebagian besar smartphone yang keluaran terbaru di Indonesia sudah support 4G LTE. Untuk memudahkan Anda, jika ingin membeli Smarthone 4G LTE berikut ini ada beberapa daftar nama, merk dan type smartphone yang sudah support 4G LTE.

Aplikasi Yang Cocok Untuk Karaoke di Smartphone 4G LTE Anda

Samsung, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah :

  • Galaxy: A5, Note Edge, Tab S, Tab A, Alpha, S6, S6 Edge, Note 5, J5, J7, Tab S2, J1 Ace dan A8 LTE.

Sony, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah :

  • Experia : Z3, Z3 Compact, Z3 Tablet Compact, Z3+, Z2, Z2 Tablet LTE, Z1, Z1 Compact, Z1, T2 Ultra, T3, M2 Aqua, M4 Aqua dan C3.
  • Sony : E 4G dan Experia M5.

Blackberry, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah :

  • Blackberry : Passport dan Classic.
  • Z30, Q10 dan Porche P9983

Microsoft, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah :

  • Lumia : 920, 820, 1020, 1520, 930, 1320 dan 640.

HTC, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah :

  • One M8.

LG, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah :

  • G2, G3, G3 4G LTE, G Pad 8.0 LTE, Nexus 5, Optimus G, G Pro 2, G Flex dan G4.

Huawei, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah sebagai berikut :

  • Ascend P7, Honor 6 dan Mate 7.

Apple, beberapa produknya yang sudah support 4G LTE adalah :

  • 5S, 6, 6¬†Plus dan 5C

Sim Card 4 G LTE (uSIM) …

Setelah memiliki smartphone ataupun perangkat yang support 4G LTE. Selanjutnya adalah Anda harus memiliki Sim Card 4G LTE (uSIM). Dalam mendapatkan Sim Card 4G LTE ada dua cara yaitu : yang pertama, Anda bisa menukar Sim Card 3G Anda menjadi 4G LTE. Cara yang kedua, Anda bisa membeli Sim Card 4G LTE.

Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G LTE (uSIM) …

Indosat Ooredo :

Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G Indosat ada dua cara yaitu :

Yang pertama, Anda bisa datang langsung ke agen mobile 4Gplus yang sudah terdaftar. Setiap harinya akan ada petugas agen yang siap membantu Anda untuk menukarkan Sim Card 3G Anda. Hal tersebut tanpa dikenai biaya apapun kecuali Anda mengaktifkan paket Indosat Ooredo.

Saat Anda akan menukarka, Anda harus membawa Handphone dan uSIM, Kartu Identitas (KTP) dan Anda bisa menemukan agen-agen mobile 4Gplus disini. Akan diproses pada saat itu juga.

Yang kedua, Anda bia menukar Sim Card 3G Anda melalui pengisian form penggantian kartu disini. Anda cukup mengisi identitas diri Anda pada form yang sudah tersedia. Menurut pengalaman teman saya akan diproses selama 5-10 hari kerja. Sim Card 4G Anda  yang baru akan dikirim melalui pos.

XL :

Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G XL

Untuk menukar Sim Card 3G Xl Anda menjadi Sim Card 4G LTE di XL lebih mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  1. Beli starter pack 4G LTE di gerai / counter terdekat di kota Anda.
  2. Untuk mendaftarkan nomor lama Anda silahkan hubungi *123#. Maka Anda akan langsung dipandu untuk mendaftarkan nomor lama Anda ke jaringan internet cepat 4G LTE.
Telkomsel :

Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G Telkomsel ada dua cara yaitu :

Yang pertama, Anda bisa menukarkan secara online dengan cara mengisi form order yang sudah disediakan. Anda bisa langsung klik disini.

Yang kedua, Anda bisa menukarkan secara langsung dengan datang ke GraPARI terdekat di kota Anda. Berikut ini daftar grapari di Indonesia, Anda bisa langsung baca disini.

Kalau menurut hemat saya, Jika Anda pengguna Indosat atau Telkomsel yang ingin menukarkan Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G LTE. Kebetulan rumah Anda jauh dari agen mobile 4Gplus dan jauh dari GraPARI. Lebih baik melakukan penukaran Sim Card secara online saja.

Itu saja yang bisa sampaikan untuk tutorial “Cara Menukarkan Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G LTE”. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan atau Anda merasakan manfaat informasi ini, silakan like komen dan share.

+ Info Tambahan

Kekurangan dan Kelebihan Sim Card 4G LTE dibanding Sim Card 3G :

Untuk kelebihan, tentu saja Anda akan mendapatkan layanan internet cepat dengan puas tanpa lelet tanpa buffering.

Untuk kekurangan :

  1. Anda harus ganti smartphone yang support 4G LTE (ada sebuah blog yang memiliki trik mengubah hp 3g menjadi hp 4g. untuk kebenarannya bisa Anda buktikan sendiri).
  2. Belum semua area tercover oleh 4G LTE. Untuk area yang tercover bisa dilihat di web masing-masing operator. Atau tanyakan ke customer service.
  3. Boros, karena saking cepatnya. Anda tidak menyadari bahwa kuota Anda akan cepat habis. Otomatis Anda harus beli paket data lagi untuk bisa terus terhubung dengan internet.

 

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

8 thoughts on “Cara Menukar Sim Card 3G menjadi Sim Card 4G LTE”

    1. kalau maksimal apa belum booleh dicoba dulu gan, soalnya harga masih mahal, kalau harga murah internet cepet dan tercover seluruh pelosok negeri baru makimal. Masalahnya yang dicover di daerah-daerah tertentu saja yang kebutuhan dan daya beli masyarakat mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *