Cara Isi E filing DJP online

Cara Isi E filing DJP online

Cara Isi E filing DJP online sangatlah mudah. Hanya butuh Efin, NPWP dan password untuk login. Sisanya koneksi internet stabil dan server DJP Online dalam kondisi baik.

Video diatas adalah tutorial cara lapor spt tahunan secara online. Yang sekarang lebih dikenal dengan nama e filing.

Saya pribadi mulai kenal e filing semenjak tahun 2014. Waktu itu melihat promo dengan spanduk besar di kantor pajak KPP Pratama Cengkareng. Saya mulai menggunakan e filing di tahun 2015 untuk laporan spt tahunan 2014.

Ternyata caranya sangat mudah, saya tidak perlu antri lagi untuk lapor spt. Pada laporan SPT tahunan 2015 cukup duduk manis di depan komputer. SPT tahunan sudah bisa dilaporkan secara online tanpa harus datang ke kpp pratama.

Bagaimana caranya agar bisa lapor spt tahunan menggunakan e filing?

Pertanyaan yang bagus dan Anda harus mengetahui caranya. Bagi yang belum bisa ataupun belum tahu caranya. Artikel ini bisa membantu Anda untuk mengetahui bagaimana caranya.

Yang perlu Anda siapkan jika jika ingin lapor spt tahunan secara online adalah sebagai berikut :

Pertama, persiapkan NPWP dan KTP. Kedua identitas tersebut wajib Anda miliki sebelum memulai dengan e filing. Jika Anda belum memiliki NPWP, silakan untuk membuat terlebih dahulu.

Kedua, persiapkan nomor ponsel aktif yang bisa dihubungi dan email juga begitu. Fungsi nomor ponsel aktif dan email adalah untuk verifikasi. Untuk email disarankan menggunakan Gmail. Kenapa harus gmail? karena lebih mudah untuk prosesnya.

Ketiga, persiapkan EFIN (electronic filing identification number). Untuk mendapatkan efin, silakan datang ke kantor pajak terdekat. Atau bisa download dulu formulirnya disini. Jika sudah mendaptkan formulir EFIN silakan isi secara lengkap dan benar.

Setelah itu silakan serahkan ke petugas kantor pajak terdekat. Silakan tunggu hingga Anda memperoleh EFIN. Nantinya EFIN ini digunakan saat pertama kali Anda register atau mendaftar di DJP Online.

Keempat, silakan register NPWP Anda menggunakan e fin yang sudah diperoleh. Jangan lupa email untuk verifikasi harus aktif dan bisa dihubungi untuk verifikasi. Jika registrasi berhasil, Anda bisa mulai untuk mengisi spt Tahunan.

Untuk tutorial isi E Filing silakan lihat video diatas. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan untuk kelancaran isi SPT online yaitu :

  1. Penghasilan Neto
  2. Penghasilan Bruto
  3. Jumlah penhasilan yang dipotong pajak

Pengalaman isi e filing :

  • Pengalaman pertama kali menggunakan e filing pada tahun pada tahun 2015. Sangat cepat dan mudah tanpa eror. Mungkin karena yang menggunakan e filing pada saat itu masih sedikit.

Sehingga server DPJ Online belum meneriama beban server yang tinggi. Dalam hitungan menit bisa menyelesaikan laporan SPT tahunan tanpa kendala.

Jika dibandingkan harus harus antri panjang dengan sistem laporan spt tahunan secara manual. Anda akan hemat waktu hingga berjam-jam. Saya juga males kali antrinya kalau harus berlama-lama. Dengan adanya e filing ini, saya merasa senang dan bisa merasakan manfaatnya.

Pada waktu itu, laporan spt tahunan menggunakan laptop.

  • Pengalaman kedua, pada tahun 2016 untuk melaporkan SPT tahunan 2015. Saya melakukan proses laporan di tanggal 31 Maret 2016. Kenapa memilih untuk laporkan spt di akhir bulan?

Alesannya sangat simple, karena males aja. Selain itu mendapatkan cerita dari para penngguna e filing yang baru register sering gagal. Maksudnya sering gagal laporkan spt nya.

Pada dasarnya, kalau ditempat saya bekerja. Pajak penghasilan sudah dibayarkan dan pada laporannya harusnya nihil atau 0. Nihil atau nol karena sudah dipotong langsung oleh pengusaha di bayarkan ke kantor pajak.

Menurut rekan-rekan kerja saya, ada beberapa rekan kerja yang kesulitan. Saat lapor spt online melalui Handphone, sering terjadi kesalahan. Bahkan ada yang berkali-kali mencoba gagal terus. Sampai nyerah dan datang ke kantor pajak untuk membereskan.

Ada beberapa kelemahan sistem yang masih perlu diperbaiki. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Server, pada saat-saat tertentu server eror. Mungkin penyebabnya adalah overload atau memang lagi down. Perlu dicatat agar diperbaiki agar fungsi e filing bisa maksimal.
  2. Laporan yang terdapat di bukti pemotongan pajak penghasilan pasal 21. Tidak cocok dengan hasil perhitungan di sistem e filing. Sehingga ada salah satu rekan saya harus ke kantor pajak untuk konfirmasi.
  3. Sering terjadi kesalahan saat memuat data shingga yang seharusnya nihil. Jadi kurang bayar atau bahkan lebih bayar. Kalau lebih bayar beneran tidak masalah. Yang repot kalau sampai kurang bayar kan jadi aneh.

Mungkin tiga poin itu saja yang perlu diperbaiki, agar pelayanan e filing lebih baik lagi kedepannya. Yang katanya akan mulai efektif per tahun 2017.

Nah yang belum memiliki efin dan belum registrasi. Silakan registrasi lebih dahulu agar tahun depan bisa lapor SPT tahunan secara online.

Itulah :

Cara Isi E filing DJP online

Yang belum lihat video tutorialnya, silakan lihat video dibawah ini :

Mengapa saya lebih memilih membuat tutorial menggunakan video? Karena biar lebih simple dan cepat. Jika menggunakaterkesan sesak penuh. Karena Anda juga bisa langsung praktek jika menggunakan video menjadi lebih Hidup.

Oke itu saja, jika Anda suka dengan artikel ini, silakan like n share.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *