cara edit video youtube

Cara Edit Video YouTube

Cara Edit Video YouTube merupakan tutorial gratis, singkat dan cocok untuk pemula. Jika Anda sedang mencari tutorial cara edit video youtube. Anda tidak salah tempat, karena sudah benar masuk ke blog ini.

Apa yang dimaksud dengan edit video?

Pada konsep dasar edit video adalah menggabungkan, memangkas, menambahkan musik dan memberikan efek lainnya. Yang dimaksud efek lainnya misalkan contoh sederhananya efek transisi.

Apakah edit video youtube perlu aplikasi?

Sebenarnya perlu aplikasi, karena saya menganggap Anda adalah pemula. Maka saya sarankan tidak menggunakan aplikasi dahulu. Anda bisa menggunakan editor video sederhana dari Youtube. Youtube sudah menyediakan video editor di beranda youtube kita.

Tapi kalau ingin mencoba beberapa aplikasi gratisan lainnya dan yang berbayar. Bisa melanjutkan membaca artikel di bawah ini.

Adakah aplikasi yang bisa mendukung untuk edit sebuah video?

Ada beberapa aplikasi edit video yang saya kenal diantaranya adalah sebagai berikut.

Movie Maker adalah aplikasi edit video dari microsoft yang bisa di unduh secara gratis. Jika Anda ingin download, silakan cari di google dengan kata kunci “movie maker”. Atau silakan klik langsung sub judul diatas.

Pengalaman saya menggunakan movie maker, sangat mudah digunakan. Saya bisa jamin pengguna baru pun bisa langsung praktek.

iMovie for Mac cocok bagi Anda yang menggunakan produk dari Apple. Karena saya tidak punya mac, saya hanya bisa kasih tahu tempat downloadnya. Tidak bisa memberikan review meskipun dikit.

Salah satu youtuber Indonesia yang menggunakan aplikasi ini. Untuk edit video YouTube adalah Kevin Anggara.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis selama 30 hari. Untuk download bisa klik sub judul atau carai di google dengan kata kunci “camtasia”. Kalau mau beli harganya US$ 299, harganya wauw ya. Sayang duitnya, mending cobain yang gratisan dulu aja.

Untuk pengalaman menggunakan camtasia studio, sangat mudah digunakan. Hasil render video dalam ukuran file kecil tetapi dengan kualitas gambar video dan audio yang mantap. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki internet lambat atau kuota internet tipis.

Saya belum pernah menggunakan ini, karena harganya yang sangat mahal di angka US$ 599.95. Harganya fantastis buat saya, karena belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya. Anda bisa dapatkan versi yang gratisan di internet.

Tapi saya sendiri tak menyarankan untuk cari yang gratisan. Tapi kalau terpaksa mau gimana? apa boleh buat. Silahkan tentukan pilihan Anda.

Anda bisa mendapatkan versi trial 30 hari secara gratis. Untuk harga individual mulai dari Rp 96.000 – Rp 482.000, kalau ingin mencoba silakan uji coba versi trial. Saya pernah lihat di youtube cara memperpanjang waktu trial.

Spesikasi komputer ynag mendukung edit video youtube

Untuk memperlancar editor video Anda minimal Anda memiliki PC atau Laptop dengan spesifikasi berikut ini :

  • Processor setara dengan cor i3 CPU 3.50 GHz
  • RAM 4 Gb (8 Gb recomended) untuk video 4K 16 Gb
  • VGA 1 Gb (2 Gb recomended)

Itulah spesifikasi minimal. Jika spesifikasi komputer Anda dibawah itu, maka akan merasakan render video yang lemot. Karena saya pernah mengalaminya, rasanya bete banget dan rasa kesel lama menunggu. Selalu menghantui saat akan proses edit dan render video.

Next …

Cara Edit Video YouTube

Untuk tutorial cara edit video youtube tanpa aplikasi. Silahkan langsung lihat video di bawah ini, sekalian Anda langsung praktek.

Jadi YouTuber, Haruskah jago edit video?

Jika Anda ingin menjadi seorang YouTuber, tidak perlu menjadi seorang yang ahli edit video. Karena sebenarnya apapun yang Anda dilakukan di YouTube bisa menghibur penonton sudah lebih dari cukup.

Ingat, bahwa kita memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Gunakan bakat Anda untuk dijadikan nilai jual. Anda tidak perlu menjadi orang lain. Di YouTube adalah tempat atau wadah menuangkan unek-unek Anda.

So,,, terus berkaya.

Terimakasih sudah berkunjung di Lukulo Media | Dari Kebumen Untuk Mendunia. Sampai jumpa di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa cek update artikel-artikel dari Lukulo Media.

 

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

2 thoughts on “Cara Edit Video YouTube”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *