4000 JAM YOUTUBE

4000 Jam YouTube Mudah dan Cepat, Begini Caranya…

4000 Jam YouTube mudah dan cepat, begini caranya ternyata… Ini adalah artikel tentang youtube yang banyak sekali mencari di google. Mimin akan merasa senang sekali, jika tulisan ini mampu memberikan manfaat bagi Anda. Terutama untuk YouTuber Indonesia, agar tahu caranya 4000 jam youtube / penayangan.

Jika Anda ingin belajar langsung via creator akademi youtube resmi bisa buka link ini.

Awal mula bergabung dengan YouTube

Berawal dari pengenalan dosen tentang kewirausahaan, dengan mengandalkan video sebagai alat promosi. Maka dosen mimin mengenalkanlah saya beserta teman satu kelas kepada platform YouTube. Banyak hal beliau ceritakan kepada kami tentang youtube.

Memang YouTube itu banyak manfaatnya, akan tetapi juga ada negatifnya. Sama halnya dengan internet, banyak manfaatnya dan banyak pula sisi negatifnya. Tergantung siapa yang menggunakan dan siapa yang memanfaatkan, jika pisau dipegang ibu-ibu di dapur bisa untuk mengupas bawang. Akan tetapi akan lain cerita jika pisau dapur dibawa oleh tukang palak, bisa-bisa SENSOR.

Jujur saja, saya mulai gabung youtube di tahun 2011 berkat dikasih tahu oleh pak dosen kewirausahaan. Namun baru mulai aktif dan bisa memanfaatkan youtube dengan baik di tahun 2015 akhir. Kisaran di bulan November tepatnya seperti itu.

Bila boleh berandai-andai, jika seandainya saya dari awal memutuskan terjun langsung jadi youtuber pertahun 2011. Mungkin saya sudah terkenal kali ya, namun sayang banyak kendala yang saya alami. Diantaranya adalah sebagai berikut, mohon harap maklum :

  1. Kamera (tak punya), meskipun kamera hape sebenarnya bisa digunakan. Akan tetapi ternyata tidak support sama sekali. Kamera hape masih 2 megapiksel, mau diupload videonya juga kasihan yang nonton. Tentu saja gambarnya burem.
  2. Editor video, ditahun 2011 an. Tidak seperti jaman now, banyak aplikasi editor video gratisan hingga yang berbayar. Meskipun adobe premiere dan kawan kawan sudah eksis, namun tak ada uang tuk beli tuh software.
  3. Koneksi internet, pada tahun 2011 an. Mimin tidak memiliki koneksi internet yang mumpuni. Meskipun tersedia, harganya mahal dan tentu kuotanya dikit. Tidak seperti jaman now, kuota murah meriah.

Itulah ketiga alasan mendasar yang membuat saya mengurungkan niat jadi youtuber pada tahun tersebut.

Perkembangan dari tahun 2011 – 2015

Lagi – lagi, saya disini hanya bisa curhat dan berbagi. Seiringnya waktu dari tahun 2011 sampai 2015, youtube makin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Itu terjadi karena banyaknya fenomena orang ataupun artis terkenal gara-gara upload video aksinya di youtube.

Momentum yang sangat memotivasi saya pengen jadi youtuber adalah pengen terkenal seperti para youtuber papan atas yang diundang ke acara HITAM-PUTIH. Saya tak perlu sebutkan satu persatu ya, jika Anda memang youtuber ataupun ada niatan untuk jadi youtuber. Pasti kenal youtuber papan atas yang sering diundang ke TV Show.

Aturan YouTube 10000 Tayang

Dengan semakin banyaknya peminat menjadi seorang YouTuber, menjamurlah para youtuber didunia dan tentu saja di Indonesia. Namanya platform bebas dan gratis meskipun ada pedoman komunitasnya. Banyak yang melanggar dan berbuat spam di platform youtube.

Pada kasus di tahun 2017, aturan 10000 tayang muncul bagi yang ikan memonetisasi video YouTubenya. Itu akibat beberapa iklan muncul di video youtube bertajuk terorisme.

Mungkin bagi youtuber pemula, 10000 tayang akan terasa berat. Tapi bagi creator kreatif, itu tidak menjadi soal.

4000 Jam YouTube

Nah diawal tahun 2018 muncullah aturan baru untuk youtuber yang ingin memonetisasi videonya. Aturan tersebut berupa jumlah tayang video dalam 12 bulan adalah 4000 jam penayangan (4000 jam youtube) dan 1000 subscriber.

Menurut mimin, hal itu terjadi untuk memangkas para spammer yang hanya ingin mendapatkan uang. Tanpa memikirkan isi konten yang berkualitas, atau layak untuk menampilkan iklan.

Jadi sebelum youtuber memiliki 4000 jam penayangan dan 1000 subscribe, fiture monetisasi akan non aktif secara otomatis per 20 Februari 2018.

Isi Email 4000 Jam YouTube

Semua YouTuber yg belum memenuhi syarat Program Partnert Youtube (YPP) mendapatkan email sebagai berikut (email dikterima 20 Januari 2018) :

Hari ini kami mengumumkan perubahan terkait Program Partner YouTube (YPP). Kami tetap berkomitmen untuk menjadikan YPP terbuka bagi sebanyak mungkin channel. Namun, kami juga menyadari perlunya menerapkan pengamanan demi melindungi pendapatan kreator di seluruh ekosistem YouTube.

APA SAJA YANG BERUBAH?

Sesuai dengan persyaratan kelayakan baru yang diumumkan hari ini, channel YouTube Anda, cInta iLusi, tidak lagi memenuhi syarat untuk mengikuti program monetisasi karena belum memenuhi persyaratan minimum yang baru, yakni 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 subscriber. Akibatnya, channel Anda tidak dapat lagi mengakses semua alat dan fitur monetisasi yang dikaitkan dengan Program Partner YouTube mulai tanggal 20 Februari 2018, kecuali jika Anda mampu melampaui persyaratan minimum ini dalam 30 hari ke depan. Oleh karena itu, email ini berfungsi sebagai pemberitahuan 30 hari bahwa persyaratan Program Mitra YouTube Anda akan dihentikan.

Salah satu nilai inti YouTube adalah memberikan kesempatan kepada semua orang untuk memperoleh pendapatan dari channel yang terus berkembang. Kreator yang belum mencapai nilai minimum yang baru ini dapat terus memanfaatkan Akademi Kreator, Pusat Bantuan, dan semua referensi yang kami sediakan di Situs Kreator untuk mengembangkan channel.

Tim YouTube

Setelah mendapatkan email pemberitahuan tersebut, apa yang bisa kita lakukan? berikut in ada beberapa cara untuk mendapatkan 4000 jam youtube.

Cara Mendapatkan 4000 Jam YouTube (Mudah dan cepat)

Janganlah berasumsi negaatif dengan aturan 4000 jam youtube ini, sikapi dengan positif thingking. Bahwa YouTube ingin membantu kreator youtube semakin kreatif.

YouTube sudah memebrikan banyak panduan, tutorial yang bermanfaat. Untuk mulai dari kreator pemula hingga ekspert.

Nah, disini admin akan mencoba memberikan tutorial sederhana untuk mendapatkan 4000 jam youtube atau 4000 jam penayangan youtube. Jika ada yang bertanya, Kok Mimin tidak membahas 1000 subscriber?

Mimin akan jawab : Selesaikan tugas yang berat dulu maka akan mudah sekali untuk menyelesaikan tugas yang ringan.

Pada bulan 27 september 2016, mimin mengupload video di channel baru :

Alhamdulillah responnya baik, seiringnya waktu mencoba mengaplikasikan SEO dan hingga sekarang mampu tembus 300rb++ menit. Bisa dibilang lebih dari 4000 jam youtube, karena perhitungan youtube menggunakan menit. Maka 4000 x 60 = 240.000 menit.

Contoh grafiknya sebagai berikut :4000 jam youtube

Amati pada tanggalnya : 22 Okt 2017 – 10 Feb 2018 = 3 bulan 20 hari. Sudah bisa mencapai 240.863 menit = 4.014,383 jam.

Artinya apa?

4000 Jam YouTube / 4000 Jam Penayangan YouTube bisa tercapai tanpa harus menunggu 12 bulan.

Trik 4000 Jam YouTube

Anda bisa memperolehnya dengan cara sebagai berikut :

  1. Cover Lagu, lagu atau musik menjadi tontonan youtube terpopuler di Indonesia maupun dunia.
  2. Parodi, menceritakan gambaran lucu, atau menirukan seseorang.
  3. Tutorial, buatlah video tutorial.
  4. Buatlah video game.
  5. Prank (tolong main aman ya)
  6. Membuat video dengan teknik seo.
  7. Upload video vlog.

Dalam membuat video, Anda tidak perlu menggunakan peralatan mahal, smartphone Anda sudah bisa mewakilinya. Saya priadi memakai smartphone untuk produksi dan merekam serta editing.

Usahakan berkarya sendiri, jangan reupload ya gaes.

Lalu bagaimana dengan subscriber? pertanyaan yang bagus, tahukah kamu? jika video kamu banyak yang nonton, maka subscriber akan datang sendiri, dengan sukarela nungguin video kamu berikutnya.

Ok, itu saja. Bagi yang ingin menambahkan triknya bisa kirim di kolom komentar. Mari kita berdiskusi bersama-sama, jangan lupa share artikel ini ya gaes.

Baca : artikel lainnya tentang youtube disini.

Published by

admin

Perkenalkan Admin Lukulo Media. Nama : Rodin Saputra, kelahiran kota Kebumen yang sedang belajar meniti karir di dunia internet khususnya blog. Lulusan SMK Kejuruan Teknik Pemesinan dari Gombong tahun 2007 ingin beralih profesi menjadi penulis blog. Bertolak belakang memang dengan cita-cita awal sekolah, namun kini menulis menjadi hoby baru untuk admin.

9 thoughts on “4000 Jam YouTube Mudah dan Cepat, Begini Caranya…”

  1. 2) Suspender anúncios de um canal e potencialmente removê-lo do YPP (YouTube Partnership Program ou Programa de Parceiros do YouTube); e ainda poder excluir o infrator de programas premium de anunciantes; 3) E em casos extremos, onde irá depender da gravidade da situação em infringir as Diretrizes da plataforma, um canal poderá deixar de ser recomendado pelo YouTube na aba Em Alta.

  2. Selamat siang bg..Jadi bang..saya mau tanya,,kalo dalam 12 bulan kita tidak mendapatkan 4000jam tayang tapi dapat 1000 subscriber,apakah akun kita tidak masuk daftar lagi atau apakah harus mengulang lagi dari nol.mohon penjelasanya ya bang..

  3. Halo.. Mau tanya. 4000 jam itu dari awal bikin akun atau dari upload video pertama ya? Karena aku bikin channel bulan Mei 2017. Tapi baru upload video bulan Maret 2018. Mohon infonya. Thanks

  4. Mantap ulasannya.
    menurut , Mana yang berat, memperoleh 1000 subscriber atau mencapai jam tayang 4000 dalam setahun.

    Pilih salah satu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.